Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaBupati Aceh Utara Serahkan Bantuan Kemensos RI Senilai Rp 1,4 Miliar
Array

Bupati Aceh Utara Serahkan Bantuan Kemensos RI Senilai Rp 1,4 Miliar

IMG20161014112307 (2)
Bupati Aceh Utara H.Muhammad Thaib menyerahkan secara simbolis buku rekening bank BNI kepada masyarakat miskin kawasan pesisir di Kecamatan Seuneddon Kabupaten Aceh Utara, Jum’at (14/10) di Aula Kantor Camat. (Mukhlis Amin)

FAKTA PERS – Lhokseumawe.

Bupati Aceh Utara menyerahkan bantuan secara simbolis pada Jum’at (14/10) kepada masyarakat miskin kawasan pesisir yang dipusatkan di Aula  Kecamatan Seuneddon Kabupaten Aceh Utara.

Bantuan yang bersumber dari Kementrian Sosial Republik Indonesia ini sebagai upaya dalam rangka pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif bagi masyarakat miskin yang tinggal dikawasan pesisir.

Dalam sambutannya, Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib mengatakan, bantuan ini merupakan realiasasi dari pusat setelah diusulkan pemda, “Ini salah satu usulan yang telah terealiasi diantara sejumlah bantuan lain yang kita usulkan”, kata Bupati yang akrab disapa Cekmad tersebut.

IMG20161014112403 (2)

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif sebagai bagian meminimalisir angka kemiskinan dan menguatkan perekoniman masyarakat, karena itu apapun bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat harus dapat dimamfaatkan sebaik mungkin. “Jangan dilihat nominalnya, walau bantuan kecil jika kita bisa manfaatkan, tentu akan meningkat menjadi besar, dan akan menjadi sumber penghasilan bagi keluarga”, jelasnya.

Katanya, ada beberapa program unggulan yang masih menjadi prioritas utama dirinya, seperti program koperasi bagi nelayan, dan bantuan rumah bagi nelayan, sekaligus pemberian bantuan boat. “Insya Allah ini nanti akan kita luncurkan jika saya masih terpilih sebagai Bupati kedepan”, jelas Cekmad yang akan maju kembali pada pilkada 2017.

Disisi lain, Bupati menegaskan, jika bantuan ini berkembang, tentu pemda memiliki penilaian bagi para penerima bantuan, artinya akan ada upaya lain dalam rangka membantu mereka yang telah berhasil. “Kita punya penilaian khusus bagi mereka yang berkembang, mungkin ada bantuan lanjutan”, tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara yang diwakili Kepala Bidang Bantuan Sosial Mirodiyatun Resi Nuridayati, S.Sos, MP menyebutkan,  sumber bantuan tersebut berasal dari APBN Tahun 2016 yang dialokasikan pada Kementrian Sosial.

Adapun total bantuan adalah sebanyak Rp 1,4 Miliar yang dibagi kepada dua Kecamatan masing-masing untuk Kecamatan Seunedon dan Kecamatan Dewantara.

Dijelaskan, seluruh bantuan ditransfer tunai melalui rekening masing-masing penerima melalui bank BNI, sedangkan proses data penerima berasal dari BPS dan TPN2K.

Disebutkan, jumlah tersebut terbagi dalam beberapa kategori diantaranya, Untuk Usaha Ekonomi Produktif (UEP) diberikan kepada 400 KK yang tersebar di dua kecamatan masing-masing Kecamatan Seuneddon 200 KK dan Kecamatan Dewantara 200 KK dengan jumlah bantuan Rp 2 Juta/KK.

Selanjutnya,  bantuan rumah sebanyak 30 unit, 15 unit untuk Kecamatan Seuneddon dan 15 unit untuk Dewantara serta bantuan sarana lingkungan (sarling) hanya baru terealiasasi bagi Kecamatan Seuneddon sebesar Rp 150 juta.

(Mukhlis)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments