oleh

Kabupaten Pasuruan Pertahankan Pelaksanaan Sistem Management Mutu ISO 9001

-Daerah-271 views

FB_IMG_1474639426483-1

FAKTA PERS – Pasuruan.

Tiga tahun berturut-turut Pemerintah Kabupaten Pasuruan berhasil mempertahankan Pelaksanaan Sistem Management Mutu ISO 9001 dibidang penempatan dan aktif mengelola Informasi Pasat Kerja Online (IPKOL).

Keberhasilan tersebut berbuah penghargaan dari pemerintah pusat, di mana Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI, Abdul Wahab Bangkonan yang menyerahkan piagam penghargaan ISO 9001 tersebut kepada Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, dalam acara Bursa Kerja Nasional ke XIV tahun 2016, di Hall CI-C2 Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Irsyad, permasalahan ketenagakerjaan adalah prioritas pembangunan du tahun ketiga kepemimpinannya bersama Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha. “Kita berupaya untuk dapat terus mengurangi angka pengangguran dengan cara menciptakan banyak lapangan kerja maupun informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui informasi pasar kerja online, dan itu efektif sekali,” kata Irsyad, sesaat setelah menerima penghargaan.

Isryad menambahkan, keberadaan IPKOL di Kabupaten Pasuruan adalah yang paling aktif dari semua wilayah di Jawa Timur. Sehingga segala informasi ketenagakerjaan di Kabupaten Pasuruan dapat langsung diketahui dan diakses oleh pemerintah pusat maupun para pencari kerja.

“Kalau lapangan pekerjaan sudah tersedia serta ditambah informasi yang terus update, maka lambat laun angka pengangguran akan terus dapat ditekan seminimal mungkin. Selain itu, dari waktu ke waktu jumlah investasi yang masuk ke Kabupaten Pasuruan juga terus meningkat,

“Dan itu artinya akan menambah jumlah lapangan pekerjaan yang membutuhkan para pekerja dari daerah kita sendiri. Bismillah kami mohon doanya agar angka pengangguran semakin lama semamin sedikit, ” imbuhnya.

Lebih lanjut adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf itu menambahkan, Pemkab Pasuruan juga menggelar Job Fair yang tujuannya tak lain untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja, sehingga lowongan kerja bisa segera terisi dengan cepat.

“Kita menyediakan 2545 lowongan pekerjaan dari 55 perusahaan di Kabupaten Pasuruan. Ada yang bergerak di bidang manufacturing, jasa keuangan, sampai perdagangan, dan job fair itu sudah dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di Pandaan, yakni sejak 20-21 september 2016, ” terangnya. Sementara itu,

Yoyok Heri Sutjipto, Kepala Disnakersostrans Kabupaten Pasuruan menjelaskan, setiap harinya, jumlah pencari kerja yang memanfaatkan IPKOL mencapai 50-100 orang. Banyaknya pencari kerja yang memanfaatkan IPKOL tersebut tak lepas dari terus diperbaruinya informasi lowongan pekerjaan di Kabupaten Pasuruan.

“IPKOL ini sudah kami buat sejak 5 tahun lalu, dan hingga kini terus memberikan semua informasi ketenagakerjaan. Bisa langsung online atau datang langsung ke kantor kami. Banyak sekali staf dan petugas yang kami tempatkan khusus untuk pelayanan IPKOL,” jelasnya.
Bukan hanya IPKOL saja,

Dinsosnakertrans Kabupaten Pasuruan juga memiliki banyak inovasi lain, seperti pembentukan Forum Komunikasi Bursa Kerja Khusus maupun Forum Jejaring Pemagangan. Kedua forum itu ada untuk melayani para pencari kerja, khususnya lulusan SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi yang merupakan warga Kabupaten Pasuruan.

“Kami juga terbuka bagi para pencari pekerjaan yang dari luar pasuruan. Hanya saka memang kuta prioritaskan dari warga Kabupaten Pasuruan. Semoga apa yang kami lakukan bisa terus konsisten sampai kapanpun,” tegasnya. (PUR)

Komentar

News Feed