Kamis, Februari 25, 2021
Beranda Kadis Bapeda Bambang Abimanyu Harus Segera Turun Tangan Atasi  Pencemaran Limbah PT....
Array

Kadis Bapeda Bambang Abimanyu Harus Segera Turun Tangan Atasi  Pencemaran Limbah PT. Sorini

IMG-20161005-WA0053

FAKTA PERS – Pasuruan.

Masyarakat Dusun Kedamean, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol resahk dengan adanya dampak pencemaran lingkungan polusi udara limbah B3 dan suara bising (Boiler) yang disebabkan oleh PT Sorini yang berada di Desa Ngerong, Kecamatan Gempol.

Warga meminta agar dari Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPEDA) atau disebut pengendalian dampak lingkungan Kabupaten Pasuruan segera turun menyikapi PT Sorini. Karena dampak yang dirasakan masyarakat selama ini limbahnya mencemari lingkungan hingga merusak kesehatan.

Menurut keterangan Kasun setempat Cahyo Hariyadi mengatakan bahwa persoalan pencemaran limbah udara PT Sorini, disebabkan oleh cerobong asap (Boiler) yang menggunakan batu bara dan ini tidak bisa didiamkan begitu saja karena menyangkut kesehatan masyarakat luas.

Kami selaku Kasun Desa, mengharap dari Dinas Bapeda, agar melakukan investigasi turun lapangan sesuai kebijakaanya. Karena yang kami amati dari PT Sorini ketentuan Jarak Boiler yang seharusnya sesuai aturan 400 Km dengan perkampungan warga, namun pada kenyataanya tidak, melainkan 50 Km saja “Laah ini kan tidak sesuai aturan” sehingga merusak kesehatan pernafasan warga kami.

Dalam kondisi adanya pencemaran limbah dan polusi udara melebihi ambang batas, maka kami meminta ke pada dinas terkait agar izin amdal PT Sorini harus dicabut,” Ujarnya.

Lanjutnya, Kasun setempat mengaku kalau ini dibiarkan lambat laun warga kami akan mengalami gangguan kesehatan katanya, dan berharap yang seharusnya warga kami berhak mendapat kompensasi dari perusahaan tanpa harus menunggu proposal dari warga.

Karena berdasarkan UU No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perusahaan harus sangat memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat sekitar. Namun pada kenyataanya pihak menejemen PT Sorini berulang kali kami tegur ternyata “masak bodoh” adanya keluhan warga. Bila tanggapan kami tidak digubris, maka kami beserta warga akan siap Unras perusahaan yang menyalahi aturan tersebut,”terangnya.

Dari Nur Sulaiman (30) warga setempat yang rumahnya sangat dekat dari cerobong (Boiler) juga mengungkapkan bahwa kami mengeluhkan adanya bising yang disebabkan oleh Boiler milik PT Sorini.

Kami juga gerah dan resah dengan polusi udara dari dampak batu bara cerobong asapnya yang membuat pernafasan kami terganggu. Kami mengharap polusi udara dan bising yang disebabkan oleh PT Sorini segera dihentikan Hal senada yang di ungkapkan oleh Edy Sartono menuturkan masyarakat menuntut pihak perusahaan PT. Sorini agar bertanggung jawab serta menciptakan lingkungan yang bebas limbah.

Karena bau busuk limbah dan asap dari PT Sorini telah menyebabkan warga terkena penyakit yang disebabkan pencemaran lingkungan. Serta dalam hal ini kami bersama masyarakat agar PT Sorini diberi sanksi sesuai aturan yang ada. (Pur)

Most Popular

Recent Comments