Rabu, Mei 12, 2021
BerandaKepala Desa Dahana Hiligoudu Tidak Transparan Dalam Alokasi Dana Desa
Array

Kepala Desa Dahana Hiligoudu Tidak Transparan Dalam Alokasi Dana Desa

P_20161001_132129_1_1

FAKTA PERS – Kepulauan Nias.

Masyarakat Desa Dahana Hiligodu, Dusun I, Kampung Lauru Faete sangat senang dalam pembangunan jalan aspal antara Kampung Dahana ke Kampung Lauru Faete.

Dari hasil wawancara Fakta Pers Media Kepulauan Nias dengan salah satu warga Dusun I Kampung Lauru Faete berinisial G mengatakan, “kami sangat terbantu dengan adanya pengaspalan jalan ini, mulai dari hasil bumi kami seperti, kopi, karet, coklat, dan buah pinang yang selama ini kami gotong dengan jarak tempuh 1 kilometer, dengan adanya jalan yang sudah diaspal mempermudah masuknya mobil truk dan kendaraan roda 2 yang akan membeli hasil tanaman kami,” diakhir perkataannya ia mengatakan sangat enak berjalan kaki di jalan ini (01/10/2016).

Namun hal tersebut tidak senada dengan Ama Imel Gea, Ketua TPK pembangunan pengaspalan jalan ketika dihampiri wartawan FPM yang mengatakan, “pak langsung saja dijumpai pak kepala Desa Dahana Hiligodu di rumahnya..!” ujarnya.

Selanjutnya, hal yang serupa juga terjadi ketika wartawan FPM menghampiri kediaman Ama Deti Gea, selaku kepala Desa Dahana Hiligoduyang mengatakan, “saya bukan tidak mau di wawancara, namun kegiatan perkerjaan ini masih dalam tahap perkerjaan,” jelasnya.

Disela waktu pembicaraan dengan kades, ia justru menyerahkan penjelasan lebih lanjut kepada Sekretaris TPK, Ama Enjel Gea yang menurut salah satu anggota LSM, mengatakan “perkerjaan ini belum selesai nanti kalau sudah selesai kita kabari, dan tolong hal ini jangan diberitakan di media, karena nanti akan muncul kecemburuan terhadap para media yang ada disni,” dengan santai (01/10/2016) dirumah kediaman kepala desa Dahana Hiligodu.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan Undang-undang No. 40 tahun 1999 tentang PERS, dan Undang-undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), ada apa dengan pembangunan pengaspalan jalan Desa Dahana Hiligodu di Dusun I, Kampung Lauru Faete…?
(Edward Lahagu).

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments