oleh

Lantik Taruna Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara, Walikota Tidore Ingatkan Kejayaan Maritim Tidore dan Ternate

-Daerah-379 views
maluku (2)
Pelantikan sekaligus Kenaikan Tingkat Angkatan Ketiga Taruna-taruni Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara, yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Losmen Kita, Ternate, Selasa (25/10).

FAKTA PERS – TIDORE, MALUKU UTARA.

Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim mendapat kesempatan memberi sambutan selaku Dewan Penyantun di sela-sela kegiatan Pelantikan sekaligus Kenaikan Tingkat Angkatan Ketiga Taruna-taruni Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara, yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Losmen Kita, Ternate, Selasa (25/10).

Dalam sambutannya Walikota menyampaikan bahwa, Kejayaan maritim harus dibangkitkan kembali, momentum reformasi telah memberikan harapan untuk membangkitkan kembali visi kemaritiman nasional terutama setelah Presiden Joko Widodo menyatakan gagasannya untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Capt. H. Ali Ibrahim juga memberikan penjelasan sekaligus mengingatkan kembali tentang sejarah Tidore dan Ternate yang pada waktu itu sebagai kekuatan maritim besar.

“Bahwa fakta sejarah telah membuktikan Kesultanan Tidore dan Kesultanan Ternate merupakan salah satu kekuatan maritim besar yang mampu menguasai jalur perdagangan hingga ke berbagai belahan dunia. Namun kejayaan maritim itu tidak dapat diteruskan hingga Indonesia merdeka, bahkan selama masa Orde Baru kita berpaling dari laut, dan seluruh aktifitas pembangunan berpusat di daratan”. Jelas Capt. Ali Ibrahim.

Bahkan Sebagai Negara bahari, kata Ali Ibrahim Indonesia justru mengalami defisit pelaut. Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan, Industri Maritim Nasional membutuhkan lebih dari 80 ribu pelaut mulai dari jenjang Nakhoda atau Kapten Kapal, Perwira/Mualim sampai Anak Buah Kapal (ABK).

“Saat ini sekolah kelautan atau pelayaran baik negeri maupun swasta hanya mampu menyuplai 1.700 pelaut setahun. Sementara kebutuhan pelaut per tahun mencapai 16 ribu orang. Untuk itu Taruna-taruni Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara memiliki kesempatan lebih baik dalam mencari pekerjaan dan meniti karir karena semua peluang masih terbuka luas”. Lanjut Ali Ibrahim.

Sementara itu, Direktur Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara, Saiful Ahmad dalam sambutannya mengatakan Pelantikan Taruna kali ini merupakan pelantikan angkatan ketiga di Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara. Saiful juga menyampaikan sebagai perguruan tinggi yang baru berdiri, tentunya masih banyak hambatan yang mengganjal kemajuan lembaga pendidikan ini, namun dengan kemauan yang kuat dari para pengelola bersama tenaga pendidik dan semua pihak, maka kami optimis Politeknik ini dapat maju dan setara dengan pendidikan kemaritiman lain di seluruh Indonesia. Jelas Saiful.

Pelantikan taruna  angkatan ketiga  berjumlah 80 peserta, dilakukan secara simbolis dengan penyematan tanda tingkat oleh Direktur Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara kepada tiga orang perwakilan dan dilanjutkan dengan pembacaan Lima Citra Manusia Perhubungan.

Acara pelantikan sekaligus Kenaikan Tingkat Angkatan Ketiga Taruna-taruni Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara ini ditutup dengan penyampaian orasi ilmiah yang dibawakan oleh Staf Pengajar Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara, Capt. Anwar Tuara, Ant I. M. Mar.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Walikota Ternate, H. Abdullah Taher, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Ternate, sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Ternate, para orang tua taruna serta para pengelola dan pengajar Politeknik Ilmu Maritim Maluku Utara. (ss)

Komentar

News Feed