oleh

Membangun Semangat Kerja, Lurah Cengkareng Barat Menjalin Keakraban Dengan Jajarannya

IMG-20161026-WA0153

FAKTA PERS – JAKARTA.

Boy Purba, Pria kelahiran Tasikmalaya 46 tahun silam, yang kini menjabat sebagai Lurah Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat memiliki trik unik untuk menjalin keakraban dengan bawahannya. Hal itu ia lakukan untuk membangun semangat kerja serta menumbuhkan rasa rasa kebersamaan antara pimpinan dan bawahan.

Kebiasaannya terbilang unik, Boy yang ketika selepas bertugas tanpa rasa gensi dan merasa tidak ada jarak antar bawahan dengan atasan berkumpul membagi waktunya untuk sharing bersama bawahannya sambil minum teh hangat di ruang lingkup kelurahannya.

Bawahanya yang kebetulan mayoritas masih berdomisili di wilayahnya bertugas Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng.

Lurah Boy Purba yang oleh warganya dikenal sebagai lurah gaul ini dalam menjalankan kewajibanya sebagai abdi masyarakat, dan tidak pernah membeda-bedakan atasan atau bawahanya, meskipun itu hyanya petugas PPSU di Kelurahan Cengkareng Barat.

Seperti halnya yang dituturkan oleh Arman, salah seorang Petugas PPSU yang bertugas di Kelurahan Cengkareng Barat mengatakan, “Kami sebagai bawahan merasa sangat bangga mempunyai lurah seperti Pak Boy Purba. Beliau orangnya baik, ramah, simpatik kepada kami semua, dan pada semua warganya.”

“Kami semua merasa terayomi sebagai petugas lapisan paling bawah. Namun beliau tidak pernah membeda bedakan satu sama lain,” lanjutnya.

Arman melanjutkan, “Semuanya sama bahkan beliau sering berkumpul nge-teh bareng kami tanpa rasa canggung dengan kondisi kami yang bau lumpur dan kotor. Beliau juga kalau sudah kerja tidak kenal waktu, kami pun melihat semangat  beliau, sehingga kamipun ikut termotivasi dengan semangat beliau.” pungkas Arman.

Rasa simpatik bercampur bangga lurah gaul  mengatakan, “hampir setiap mereka sedang bekerja membersihkan sampah di kali dan di saluran petugas kebersihan  itu sering mendapatkan komplain dari masyarakat setempat. Namun kami tidak pernah bosan-bosanya mebagi waktu untuk mereka guna memberikan motivasi agar tetap semangat, bekerja jujur, iklas, disiplin dengan waktu.” ujarnya kepada Fakta Pers  25/11/16.

Rasa tangung jawab yang penuh amanah sebagai lurah yang baru tiga bulan menjabat dari tanggal 11 juli 2016 sudah beberapa agenda kegiatan serta rutinitas di wiliyah sudah terprogram dengan baik dan berjalan dengan kondusif.

Lebih luas lagi, lurah gaul memiliki program yaitu (PRAKAS) Pra Keluarga Sejahtera yang masing-masing (KK) Kepala Keluarga harus sudah memiliki kartu peserta (RTS-PM) Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin.

Selanjutnya, dalam satu bulan sekali setiap tanggal 20 peserta raskin yang sudah terdata dan di distirbusikan lansung oleh lurah.

“Sampai saat ini program RTS -PM tersebut yang sudah terealisisi dengan baik sudah mencapai 818 jiwa dari 16 rukun warga (RW) yang ada di wilayah Cengkareng Barat.” ujar lurah Boy purba.

Selain itu juga lurah gaul ini mengharapkan kinerjanya dalam satu tahun kedepan agar masyarakat di wilayahnya bisa menjadi lingkungan yang bersih, sehat, tertib dan lebih tertata lagi. (PAL/RIK)

Komentar

News Feed