Jumat, Juli 30, 2021
BerandaPameran Maslahat Expo Produk Pertanian Di Martopuro
Array

Pameran Maslahat Expo Produk Pertanian Di Martopuro

PhotoGrid_1477059182951 (2)

FAKTA PERS – Pasuruan.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan telah menggelar Maslahat Expo dan Pameran Produk Pertanian tahun 2016, di Lapangan Martopuro Kecamatan Purwosari untuk mempromosikan dan membangun citra produk pangan maupun industri kecil biar dikenal oleh masyarakat Pasuruan.

Pameran Maslahat Expos ini dibuka oleh  Wakil Bupati Pasuruan, Riang Kulup Prayudha, juga dihadiri oleh beberapa pejabat lainnya yang diantaranya Sekda Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiadji, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi, Komandan Detasemen AU Raci, Arwani, Wakapolres Pasuruan, Kompol Bagus, dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pameran Maslahat Expo 2016, Abdul Munif menjelaskan, “Pameran Expo ini dibuka mulai tanggal 17 – 10 – 2016 dan selesai tanggal 23 – 10 – 2016. Untuk makanan atau minuman juga pengrajinan tangan harganya ekonomis murah meriah,” tuturnya.

Pengunjung yang melihat dan yang menikmati acara tersebut banyak sekali saling berdatangan silih berganti, yang hadir untuk melihat-lihat Pameran Expo yang ada di Lapangan Martopuro Kecamatan Purwosari mulai dari masyarakat setempat juga masyarakat luar daerah. Sedangkan peserta yang mengikuti Pameran Expo  berasal dari SKPD dan Itansi Pemkab Pasuruan dan sejumlah IKM.

Wabup dalam sambutannya, menjelaskan diadakannya acara ini sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk unggulan IKM kepada masyarakat.

“Pameran juga sebagai motivasi dan meningkatkan transaksi dagang selama pameran dan sesudah pameran, maka dari itu masyarakat diharapkan mampu menjadi pendorong para IKM untuk bisa lebih memajukan hasil produksinya, Mulai dari kemasan hingga pemasarannya. Kita berharap IKM ini nantinya dapat mengikuti setiap pameran, baik di lokal Pasuruan maupun regional hingga nasional dan Internasional.” lanjutnya.

Selain itu, ada juga yang cukup potensial. Contohnya saja seperti pengelolaan kebun tebu di bawah naungan PG. Kedawoeng yang penanamannya tersebar di Kec. Nguling, Lekok, Grati, Winongan, Rejoso, Gondang wetan, Pohjentrek, Rembang, Pasrepan, Purwosari, Wonorejo dan Kejayan. Tanaman kopi yang tersebar di Kec. Purwodadi, Puspo, Lumbang, Tutur, Prigen dan Tosari.

Melihat Kabupaten Pasuruan miliki banyak potensi bisnis unggulan, tidak menutup kemungkinan bila dikemudian hari akan lahir peluang-peluang bisnis baru yang mendatangkan untung besar bagi masyarakat setempat.

Sementara itu, Edy Suwanto Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) mengatakan, Pameran Expo ini sebagai tolak ukur kekuatan daya saing untuk produk yang dipakai. Namun yang tidak kalah pentingnya, pameran ini bisa dijadikan sebagai sarana informasi potensi daerah dan penggerak ekonomi di sektor IKM serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan mendapatkan berupa mesin dan peralatan sarana Produksi Industri kecil.

Dalam kesempatan itu juga beberapa kelompok tani mendapatkan bantuan Hand Sprayer dan benih jagung Hibrida dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan.

“Kita dorong pembangunan pertanian melalui kelompok-kelompok tani dan nelayan andalan yang merupakan organisasi independen yang berorientasi pada aktivitas sosial disektor agrikultur yang berbasiskan agribisnis dan lingkungan hidup di pedesaan. Sehingga penduduk yang sebagian besar bercocok tanam dan nelayan, dapat meningkatkan usahanya secara terpadu dan berkesinambungan,” pungkasnya. (pur)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments