Kamis, Mei 13, 2021
BerandaPELAYANAN PUBLIC LOLIT SAPI POTONG GRATI
Array

PELAYANAN PUBLIC LOLIT SAPI POTONG GRATI

2016-10-13-01-44-49--1184647690

FAKTA PERS – Pasuruan.

Untuk pertama kalinya, Loka Penelitian (Lolit)  Sapi Potong di Grati menggelar pelayanan public hearing,” Dan acara tersebut dihadiri  Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, SE.MMA, Kepala Puslitbang Peternakan RI,Dr.Ir.Bess Tiesnamurti, M.Sc,Ombudsman RI, Dr. Agus Widiyarta, Kadis Peternakan Jatim  Ir.M. Cahyono, MM serta Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Dr.Ir.Dicky Pamungkas,M.Sc.

“Untuk acara tersebut dikemas dengan konsep talkshow.” Dan menurut Dicky, acara public hearing sengaja digelar dalam rangka memenuhi  Undang-undang No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Mereka mengundang secara khusus Bupati Irsyad bersama jajaran institusi terkait, serta masyarakat sekitarnya untuk diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas pelayanan yang disiapkan oleh instansi di bawah  kewenangan Balitbangtan Kementerian Pertanian RI.

Maka dari itu,” kami sangat berterima kasih akan hal itu, karena selama ini memang kami belum melaksanakan kegiatan bersama dengan beliau. Dan syukur alhamdulillah, dengan adanya public hearing ini, akan banyak kegiatan yang akan kami lakukan bersama-sama,” Memang kegiatan ini pertama kami gelar dan langsung dihadiri Bupati Irsyat,”tutur Dicky.

Bess Tiesnamurti menegaskan public hearing adalah kegiatan yamng sangat penting, terutama untuk menyebar luas dari segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan publik Lolit Sapi Potong Grati. “Penting sekali bagi kami untuk menggelar pelayanan public hearing ini.” Sehingga segala macam jenis pelayanan publik yang kami lakukan bisa bermanfaat atau dimanfaatkan oleh institusi pemerintahan terkait, maupun masyarakat luas,”ucap Kepala Puslitbang Peternakaan Bess Tiesnamurti dalam sambutannya.

Sebab, selain untuk menjalankan amanah UU RI No. 25 tahun 2009, juga dalam rangka mensosialisasikan secara terbuka, serta tupoksi yang harus dijalankan oleh Lolit Sapi Potong Grati.

Tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) adalah penelitian eksplorasi, evaluasi, pelestarian, dan pemanfataan plasma nuftah sapi potong, penelitian pemuliaan, reproduksi dan nutrisi sapi potong, penelitian komponen teknologi system dan usaha agribisnis sapi potong, pelayanan teknik kegiatan penelitian sapi potong.” Selain itu untuk persiapan kerjasama, informasi, dan dokumentasi serta penyebarluasan, juga pendayagunaan hasil-hasil penelitian sapi potong tersebut.

Beberapa fasilitas pelayanan yang disiapkan untuk mendukung tupoksi tersebut adalah kandang model litbangtan, instalasi bio urine, instalasi bio gas, kebun percobaan yang sudah menghasilkan 55 jenis tanaman pakanan ternak, laboratorium nutrisi dan pakan ternak, laboratoirum reproduksi ternak, unit pengelolaan bibit unggul, serta beragam penelitian yang terkait dengan peningkatan kualitas sapi potong.” Untuk lokasinya di Jl. Pahlawan No. 02 Grati Pasuruan.

Sementara itu,” Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf menegaskan, Pemkab Pasuruan turut berbangga bahwa lembaga riset nasional seperti Lolit Sapi Potong Grati sebagai satu-satunya lembaga di Kementerian Pertanian yang berlokasi di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Harapannya adalah sebagai institusi tempat beberapa daerah di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi pengembangan sapi potong yang telah diadilkan demi dapat menjawab permasalahan di bidang peternakan sapi potong.” Untuk Hal ini terkait dengan  komitmen kita untuk mengembangkan pembangunan sektor peternakan dengan mewujudkan kawasan sentra ternak berbasis masyarakat di Kabupaten Pasuruan.

Semoga kerja sama Pemkab Pasuruan dengan beragam pelayanan publik yang dilakukan lolit sapi potong ini bisa mempercepat konsep kawasan sentra ternak yang sudah kita persiapkan.” Tegas Bupati Pasuruan.

Ke depan, Irsyad berharap bahwa kiprah Lolit Sapi Potong Grati dapat lebih membumi, bersinergi dengan stake holders bidang pertanian pada umumnya, serta bidang peternakan sapi pada khsusunya.

“Saya menginginkan adanya Lolit Sapi yang mempunyai andil besar, dan berperan serta dalam mendorong tumbuh kembangnya potensi sapi potong di Kabupaten Pasuruan, sehingga potensi sapi potong dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Pasuruan,” terangnya.

Gelaran public hearing tersebut juga mendapat perhatian Ombudsman RI Dr. Agus Widiyarta,S.Sos, MSi. Menurutnya, penting sekali seluruh instansi pemerintahan melakukan public hearing terkait pelayanan publik yang telah dilakukan. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan secara maksimal setiap bagian pelayanan yang telah disiapkan.

Selama proses public hearing banyak dilakukan dialog bersama pemda, masyarakat peternak, koperasi, serta pihak swasta yang selama ini menjadi bagian penting dalam menerima pelayanan lolit sapi potong. (Pur)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments