oleh

Pemkab Pasuruan Resmikan Embung Kalisat

-Daerah-345 views
2016-09-21_23.39.01
HM Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan saat peresmian embung Kalisat.

FAKTA PERS – Pasuruan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan mengharapkan agar pembangunan embung Kalisat yang berada di Desa Kalisat, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan dapat membantu kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan air baku.

“Selain untuk pengendalian banjir, pembangunan embung ini akan mengatasi persoalan kebutuhan air saat musim kemarau tiba.

Baik untuk lahan pertanian warga sekitar maupun kepentingan masyarakat lainnya. Kami doakan agar embung bermanfaat bagi masyarakat,” ujar HM Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan disela-sela peresmian embung Kalisat.

Embung Kalisat memiliki luas 3 hektar. Pembangunanan embung dibangun di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Sedangkan kapasitas daya tampung air di embung Kalisat mencapai 250 ribu meter kubik. Pengerjaan proyek dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dirjen Sumber Daya Air serta Kementrian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat. Sedangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan hanya menyediakan tanahnya saja.

“Dengan daya tampung embung Kalisat yang mencapai 250 ribu meter kubik ini, nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga untuk irigasi pertanian hingga mencapai 75 hektar.

“Makanya, sekali lagi, pembangunan embung ini setidaknya bisa mengatasi persoalan kekurangan air bersih bagi masyarakat di Desa Kalisat, Rembang, maupun untuk mengairi area persawahan serta kebutuhan air bagi ternak milik warga,” tandasnya.

Hal ini di sampaikan oleh Kepalah Dinas Pertambangan dan Pengairan Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka, “Kami hanya menyiapkan lahannya saja,Dengan adanya embung tersebut yang membina atau melatih langsung dari Provinsi.”

Tambahan dari Hanung, “pembangunan embung itu untuk Konservasi wilayah setempat, hasilnya dapat di rasakan 10 tahun ke depan. Selain itu, embung ini juga bisa diharapkan bisa mencegah dampak banjir yang sering kali melanda Pasuruan.”

“Dan embung juga menjadi salah satu upaya menangani banjir,embung itukan di bangun di (DAS) Daerah Aliran Sungai, jadi air tidak langsung ke bawah. Selain itu, embung itu juga diharapkan bermanfaat bagi Warga setempat yang sering mengalami krisis air bersih disaat musim kemarau.” pungkasnya. (PUR)

Area lampiran

Komentar

News Feed