oleh

Pendapatan Asli Daerah Minim, Kas Aceh Utara Anjlok

-Daerah-362 views
IMG20161021113251 (3)
Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, saat wawancara dengan Fakta Pers (Foto : Mukhlis)

FAKTA PERS – Lhokseumawe.

Bupati Aceh Utara mengakui Kas Aceh Utara Kas Daerah dibawah normal akibat Pendapatan Asli Daerah (PAD) masih sangat kurang, kekurangan ini justru berimbas pada keuangan daerah yang mengakibatkan sejumlah proyek dan honorium kegiatan pegawai belum terbayarkan.

Demikian keterangan Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib menjawab  Fakta Pers, Jum,at (21/10) terkait macetnya pembayaran paket pekerjaan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pembayaran honor kegiatan serta Tunjang Prestasi Kerja (TPK) bulan Oktober belum dibayar.

Katanya, “selain PAD minim, tertundanya transfer Dana Alokasi Umum, dan Pengurangan Dana Bagi Hasil Migas untuk Kabupaten Aceh Utara menjadi faktor utama kas daerah dibawah normal. PAD kita kurang karena restribusi daerah juga minim, galian C sekaligus sentral perkantoran yang masih berada dalam Kota Lhokseumawe, jadi PAD itu ya mengalir ke kas Kota Lhokseumawe lah,” ujar Cekmad sapaan Bupati.

Kontribusi PAD terhadap total Anggaran Pendapatan Aceh Utara dalam beberapa tahun terakhir hanya 9-10 persen. Kondisi tersebut membuat ketergantungan Pemerintah Aceh Utara terhadap dana transfer dari Pemerintah Pusat sangat tinggi. Hal ini sangat membahayakan kelanjutan pembangunan di Aceh Utara. (Mukhlis )

Komentar

News Feed