oleh

Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mendapatkan Program Rumah Pangan Lestari Plus-plus dari BKOW

-Daerah-313 views

2016-10-25_01.10.09

FAKTA PERS – Pasuruan.

Ponpes Nurul Hidayah pimpinan Ibu Nyai dan Gus Son menerima bantuan KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) Plus-plus dari Ketua BKOW Prov Jatim yang bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Provensi Jatim, PKK Kabupaten Pasuruan, dan Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan.

Gus Son menjelaskan, “Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan berbagai macam bahan makanan penghasil karbohidrat selain padi dan juga tanaman-tanaman lain yang bermanfaat.”

Untuk itu, “dalam upaya pengembangan tersebut maka dimanfaatkanlah pekarangan yang ada dimasyarakat untuk mengembangankan program tersebut selain juga untuk meningkatkan perekonomian,” tuturnya.

Lebih lanjut, “KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) merupakan suatu program dari pemerintah dalam upaya pengembangan ketahanan pangan karena dari lingkungan rumah tangga yang mampu berdikari dalam pemenuhan kebutuhan pangan akan mempunyai dampak yang luas untuk ketahanan pangan nasional. Sehingga diharapkan dengan suksesnya program ini maka sukses pula ketahanan pangan Indonesia,”¬†lanjutnya.

KH-Sonhaji-AbdhussomadSrea7-1
KH. Sonhaji Abdhussomad (Gus Son)

Tambahan dari Gus Son,”Di Pasuruan kelompok Wanita Tani Gemah Ripah Kecamatan Kejayan sudah mendapat program KRPL mulai Januari tahun 2013 dengan dana dari APBN. Pertama kali dilakukan yaitu dengan pembuatan kebun bibit yang dibuat permanen dan dilanjutkan dengan sosialisasi keanggota Kelompok Wanita Tani (KWT) dan dilanjutkan dengan penanaman dipekarangan, tetapi dalam kelanjutannya program ini sepertinya tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan,” pungkasnya.

Kepala dinas Ketahanan Pangan Lilik Widji Asri, menjelaskan, “Kawasan Rumah Pangan Lestari plus-plus adalah pemanfaatan lahan pekarangan dalam hal ini disekitar Ponpes untuk ditanami tanaman Sayuran, Toga, Pemeliharaan ikan, Ternak/Ayam, Tanaman Umbi-umbian (Bentul, Ganyong) sebagai pangan alternatif pengganti padi penghasil karbohidrat dan energi, juga ada lagi KBD (Kebun Bibit Desa) yang fungsinya untuk persemaian dan pembibitan tanaman jika tanaman sudah panen harus ditanami kembali atau jika tanaman rusak akibat serangan hama dan penyakit.”

Dari pihak Provinsi telah memberikan bantuan berupa sarana produksi antara lainBibit Sayuran, Toga, Kandang, Kolam Terpal, Ikan, Ayam dan Pompa Air, sedangkan dari Pemkab Kabupaten Pasuruan dalam hal tersebut Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan memberikan pendampingan pelatihan bagi para santr tentang  bagaimana cara budidaya tanaman mulai dari Persemaian, Pembibitan, Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman jika terserang hama dan penyakit tanaman.

Cara untuk Panen dan Penanaman kembali, Pelatihan dilaksanakan sebulan sekali tiap hari Jum’at oleh penyuluh pertanian setempat tersebut, dikarenakan menyesuaikan jadwal belajar para santri. Namun, untuk monitoring KRPL ini dilakukan secara berkala untuk mengetahui perkembangan Tanaman, Ikan dan Ternak juga KBD. (Pur)

Komentar

News Feed