Rabu, Maret 3, 2021
Beranda PT Karya Sehati Mandiri Tak Kantongi Izin, Desperindag dan Satpol PP Diminta...
Array

PT Karya Sehati Mandiri Tak Kantongi Izin, Desperindag dan Satpol PP Diminta Bertindak Tegas

20160809_170005

FAKTA PERS – Pasuruan.

PT Karya Sehati Mandiri, adalah pabrik pembuatan briket untuk zisa (rokok khas Timur Tengah) yang berada di Dusun, Glonggong Desa, Asem Kandang, Jalan Kabupaten Rt 01/Rw 01, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, dipastikan keberadaannya tak kantongi izin domisili dari kepala desa setempat, sedangkan untuk surat perpanjang pengurusan izin belum ditanda tangani pejabat setempat.

Waktu wartawan konfirmasi, pembeking pabrik yang bernama Winanda dari Garnisun III Surabaya melalui telepon selulernya (27/10) menjelaskan, “Bapak tanya aja kepada kepala desa setempat, buat apa wong pabrik Arang sudah jelas ada izinnya lengkap dan pabrik tersebut adalah Rekanan dari Garnisun III Surabaya, saya juga mengenal banyak wartawan mas, mulai wartawan profesional, senior dan amatir, jadi mas jangan macam-macam sama saya.”

Lebih lanjut Winanda menyampaikan, dirinya memberi keleluasaan kepada orang untuk buka usaha, apalagi bisa memperkerjakan masyarakat, “jadi lebih lanjutnya sampean ke Karang Taruna di desa setempat dan semua sudah di hendel oleh Karang Taruna dan ini suda kesepakatan dari desa setempat.”

Tapi ternyata yang di sampaikan pihak Garnisun III Surabaya itu bohong, demi membenarkan dirinya sampai-sampai warga setempat minta bantuan untuk kegiatan 17 Agustus saja, proposal warga ditolak oleh pihak pabrik. Warga sampai melakukan aksi demo di pabrik tersebut, sedangkan janji untuk untuk memperkerjakan masyarakat sekitar pabrik sampai sekarang tidak ada satupun warga desa setempat yang kerja di pabrik tersebut.

“Apakah untuk Desperindag dan Satpol PP Kabupaten Pasuruan masuk angin? Atau takut pada pembeking pabrik yang dari Oknum Garnisun III Surabaya? Atau jangan-jangan Desperindag dan Satpol PP  kebagian jatah? Atau mungkin takut dan kenapa sampai saat ini pabrik tersebut berjalan lancar?” ucap salah satu warga yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Saat wartawan Fakta Pers Media konfirmasi di pabrik tersebut, Humas pabrik PT. Karya Sehati Mandiri dan pihak humas pabrik membenarkan bahwa pemilik pabrik yang bernama Lau Andre Leonard belum mengantongi izin domisili dari warga Asem Kandan. Dengan alasan bahwa kepala desa setempat tidak mau mendatangani pengajuan pembuatan izin domisili. “Iya benar mas pabrik ini tidak memiliki izin domisili karena pihak kepala desa tidak mau menadatangani surat pengajuan izin domisili “ jelas humas saat dikonfirmasi.

Namun ketika ditanya mengapa kepala desa tidak mau menandatangani pengajuan tersebut , dirinya beralasan tidak tahu, serta menunjukan surat pengajuan izin domisili yang tidak ada tand atangan kepala desa setempat.

Menurut Agus Prayitno selaku Kades Asem Kandang, kepada wartawan saat ditemui di rumahnya, dirinya membenarkan bahwa dirinya tidak mau menandatangani surat tersebut karena pihak PT Karya Sehati Mandiri telah melanggar kesepakatan. Pasalnya, sejak akan beroprasi pabrik tersebut pemilik menyetujui akan menyerap tenaga kerja untuk warga setempat, khususnya untuk tenaga pengamanan luar pabrik (Waker), namun hingga saat ini pihak pabrik PT. Karya Sehati Mandiri  malah mengabaikan kesepakatan tersebut.

“Padahal harapan saya dan warga setempat dengan berdirinya pabrik ini bisa menampung tenaga kerja untuk warga desa setempat, biar terjalin hubungan yang baik antara pihak pabrik dengan warga.” jelas Agus.

Agus melanjutkan, “saya sudah mengajukan 2 warga kami, yaitu Urip dan Sakirun biar dipekerjakan sebagai waker, namun pihak pabrik tidak menghiraukan dan tidak menanggapinya, hal ini yang menyebabkan saya jengkel dan tidak mau menandatangani surat pengajuan domisili pabrik tersebut“ pungkas Agus Prayitno. (Pur)

Most Popular

Recent Comments