oleh

Agro-Marinir Sebagai Wujud Kesejahteraan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan

-Daerah-432 views
ewrstdfjygulh;
Penyerahan terumbu karang secara simbolis oleh M. Tahsim (kiri) kepada Staf Ahli, Asrul Sani Soleman (kanan)

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Sebagaimana Visi Kota Tidore Kepulauan 2016-2021 tentang Percepatan pembangunan Agro-Marine sebagai Wujud Kesejahteraan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan, dengan melakukan pemanfaatan sumber daya potensial dan unggulan di darat maupun di laut, yang meliputi sektor perikanan, perhubungan, pariwisata, serta pertanian.

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Pemkot Tikep), Minggu (13/11) pagi melakukan kegiatan Launching Wisata Bahari Feeding Fish dan Penanaman Terumbu Karang di Kawasan Pantai Tugulufa. Hal ini sesuai dengan perencanaan kawasan Pantai Tugulufa sebagai sebuah Kawasan Wisata Terpadu, sekaligus sebagai Ikon Kota Tidore Kepulauan.

Walikota Tidore Kepulauan, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Asrul Sani Soleman, M.si,  mengatakan bahwa, Lokasinya yang berada di pinggir laut, tentunya memerlukan sebuah perencanaan yang tepat dan terarah, sehingga nantinya kawasan ini menjadi kawasan wisata alternatif yang pada akhirnya bisa memberikan sebuah nilai ekonomis bagi masyarakat umum.

Tawaran ide dan gagasan yang tertuang dalam kegiatan Proyek perubahan ini, dengan mencoba mengembangkan dan memanfaatkan keindahan kawasan wisata Pesisir Tugulufa serta keindahan bawah lautnya, untuk dijadikan objek wisata Feeding Fish atau memberikan makan ikan secara langsung di habitatnya. Selain sebagai objek wisata, pengunjung juga bisa berpartisipasi langsung untuk melakukan transplantasi karang yang merupakan bagian dari paket wisata bahari yang ditawarkan di lokasi Pantai Tugulufa.

Proyek Perubahan yang dilakukan ini, perlu kita dukung bersama karena konsepnya sebagai sebuah wisata baru dalam menambah maraknya suasana di Kawasan Tugulufa, juga kedepannya diharapkan Tugulufa menjadi sebuah kawasan andalan.

Walikota juga menghimbau, agar jangan membuang sampah ke laut. “Mari kita jaga kelestarian laut dengan tidak membuang sampah ke laut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam laporan M. Tahsim Hajatuddin yang sementara mengikuti Diklatpim III di Pusdiklat Kemendagri Regional Makassar, mengatakan bahwa Feeding Fish mengandung arti sederhananya yaitu kita memberi makan ikan di laut. Hal ini menjadi suatu peluang potensi yang kemudian dijadikan sebagai wisata, dimana tugulufa merupakan kawasan wisata alternatif. “Dengan adanya kegiatan ini menjadi satu destinasi wisata baru di kawasan pantai tugulufa,” jelasnya.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penyerahan terumbu karang secara simbolis oleh M. Tahsim kepada Staf Ahli, Asrul Sani Soleman, dan kemudian oleh Asrul Sani diserahkan kepada Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Yakub Husain, lalu dilakukan penanaman terumbu karang. Kegiatan ini turut dihadiri Para Staf Ahli Walikota serta sejumlah pimpinan SKPD. (Sudirman Sahmil)

Komentar

News Feed