oleh

Berbagai  Tarian Khas Tidore  Meriahkan Festival Pelangi Budaya Negeri Tidore Ke IX

-Daerah-251 views

1

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Perayaan Festival Pelangi Budaya Negeri Tidore Ke IX atau Tobo Safar (mandi safar, red) di Teluk Majui yang digelar oleh Generasi Muda Mafututu (GAMUTU) Kelurahan Mafututu bersama seluruh masyarakat di Kelurahan Mafututu, Rabu (23/11/16) pagi, dimeriahkan dengan berbagai tarian khas Tidore.

2

Tarian khas Tidore yang ditampilkan berupa tarian Sagu Saya (tanam padi), Tarian Kapita, Tarian Laga Sariamo (lompat gaba) dari sanggar generasi muda Mafututu, serta suguhan tari khas Tidore Kie Senau dari sanggar Indonesiana.

Kegiatan yang sarat dengan budaya dan pesan moral ini, menjadi kegiatan rutin setiap tahun hingga kini telah memasuki event ke IX. Sebagimana yang disampaikan Ketua Panitia Tobo Safar, Armanudin Laha, S.Sos kepada awak media di lokasi Festival Tobo Safar.

3

 

“Jadi, kegiatan ini sudah termasuk dalam kegiatan tahunan, bahkan pada tahun 2016 ini, telah memasuki di event yang ke sembilan,” kata Armanudin.

Selain ditampilkan berbagai tarian khas Daerah, lanjut Armanudin, Festival Tobo Safar yang dilaksanakan ini juga menampilkan berbagai kegiatan berupa Parade Juanga, lomba pidato bahasa daerah tingkat SD di Mafututu, pementasan musik tradisional, serta makanan adat.

4

Kegiatan Tobo Safar ini, dihadiri Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Senin, SE, Sultan Tidore Husain Syah, Kapolres Kota Tidore Kepulauan, AKBP. M. Edi Purwanto, Kejati Kota Tidore, DPRD, TNI, Pimpinan SKPD terkait, Camat Tidore Timur, Lurah, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

(SS)

Komentar

News Feed