Kamis, Juli 29, 2021
BerandaGubernur Sumatera Utara Hadiri HUT Kota Gunungsitoli Ke-8
Array

Gubernur Sumatera Utara Hadiri HUT Kota Gunungsitoli Ke-8

sdfghjkl

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Meski diguyur hujan, Gubernur Sumatera Utara H. Tengku Erry Nuradi, M.Si beserta rombongan menghadiri HUT Kota Gunungsitoli ke-8 di halaman Kantor Walikota Gunungsitoli, Sabtu (26/11).

“Bunga melati di tengah halaman, pergi ke hutan ambil setumpuk, hujan badai bukan halangan, asalkan kita dapat bertemu,” ucap Tengku Erry Nuradi mengawali sambutannya.

Gubsu menambahkan, “Tentu kita semua ingin maju dan berkembang, apalagi Kota Gunungsitoli baru berusia 8 Tahun, walaupun sebenarnya sudah lebih dari 68 tahun menjadi Ibu Kota di Kepulauan Nias. Tapi sesuai dengan UU Pemekaran, Kepulauan Nias dibagi menjadi Nias dan Nias Selatan, dan 8 Tahun yang lalu Nias kembali melahirkan putranya yang bernama Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli.”

“Seperti dijelaskan dalam UU NO. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah yang sekarang dirubah menjadi UU NO. 23 Tahun 2014, bahwa hakikatnya suatu daerah intinya adalah mendekatkan Pemerintah kepada Masyarakat. Melaksanakan tugas Pemerintah, melaksanakan tugas Pembangunan, serta pelayanan kepada Masyarakat. Dengan adanya pemekaran berarti tugas Pemerintah akan lebih cepat dilaksanakan, karena pusat Ibu Kotanya lebih dekat dengan Masyarakat.” Tuturnya.

Gubernur Sumatera Utara mencontohkan dirinya saat semasa menjadi Bupati selama 8 tahun memimpin. Dan hal ini di sampaikannya kepada seluruh hadirin dan kepala daerah yang ada di Kepulauan Nias.

“Saya teringat ketika saya menjadi Bupati selama 8 Tahun, ada satu Gerakan yang saya lakukan namanya ” GERBONG SUARA ” (Gerakan Pembangunan Swadaya Rakyat), jadi intinya adalah pola partisipasi, saya datang ke desa-desa dan kecamatan-kecamatan, saya tanya mereka mau dibangun apa? Sekolah, Pasar, Puskesmas? Kami siapkan dananya tapi tolong masyarakat menyiapkan lahannya.” Ucapnya memberi contoh.

Diceritakannya, terobosan- terobosan semasa dirinya menjadi Bupati,  Gubernur H. Tengku Erry Nuradi, M.Si untuk menjadi inspirasi bagi kepala Dderah di Kepulauan Nias.

“Tahun 2005 sudah 60 tahun Indonesia merdeka, hanya ada 7 SMA Negeri dari 17 kecamatan yang ada, setelah 8 Tahun saya selesaikan masa jabatan saya sebagai Bupati, saya meninggalkan SMA dan SMK itu menjadi 28 atau sekitar 400% dalam 8 tahun.” lajutnya.

Dia juga berharap kepada seluruh kepala daerah di Kepulauan Nias mampu melakukan itu, dan menyampaikan supaya kalau ada usulan pembangunan Sekolah SMK di kecamatan-kecamatan akan dianggarkan.

“Saya tunggu, kalau Bupati/Walikota ada lahan untuk dibangun sekolah SMK sampaikan kepada kami dan kami akan menganggarkannya.” Jelasnya.

Terakhir, Gubernur Sumatera Utara Menyampaikan Yel-yel nya dengan mengucapkan Gunungsitoli Maju, Sumatera Utara Paten, Indonesia Hebat…!!!

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kota Gunungsitoli terbentuk atas berkat dan dukungan bersama, dan juga dukungan pemerintah Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara serta para tokoh.

“Terima kasih kepada Panitia Badan Persiapan Pembentukkan Kota Gunungsitoli yang telah berusaha dan bekerja maksimal demi terwujudnya Kota Gunungsitoli pada tahun 2008.” Pungkasnya.

Acara dihadiri seluruh Kepala Daerah di Kepulauan Nias, Kapolres Nias, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Dandim 0213 Nias, Kejari Gunungsitoli, Camat se-Kota Gunungsitoli, lurah dan Kades se-Kota Gunungsitoli, dan para elit-elit politik kota Guningsitoli lainya. (Edward Lahagu).

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments