Kamis, Mei 13, 2021
BerandaIngat! Tanggal 16 November 2016, Polisi Kembali Gelar Operasi Zebra Se-Indonesia
Array

Ingat! Tanggal 16 November 2016, Polisi Kembali Gelar Operasi Zebra Se-Indonesia

zebra

FAKTA PERS – TIDORE.

Operasi Zebra kembali di gelar oleh Kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Tidore Kepulauan. Kepala Satuan Lalu lintas (Kasatlantas) Polres Tidore, AKP Subhan saat ditemui awak media di Polsek Tidore, Rabu (9/11) membenarkan operasi Zebra tersebut.

“Kita rencanakan itu dari renopsi yang belum ada, namun dari Markas Besar Polri suda menyampaikan bahwa pelaksanaan Operasi Zebra dimulai pada tanggal 16 sampai 29 November 2016 atau selama dua minggu.”Jelasnya.

AKP Subhan mengatakan, Operasi Zebra ini merupakan operasi resmi rutin yang digelar setiap tahun guna menekan angka kecelakaan lalu lintas, pelanggaran berlalu lintas, dan menyambut Operasi Lilin jelang Natal dan Tahun Baru. Bahkan operasi zebra yang digelar ini, 80% pelaksanaannya merupakan kegiatan penindakan.

“Jadi, yang tidak menggunakan helem, surat kendaraan yang tidak lengkap, tidak menggunakan spion, pakai kenalpot resing, semuanya wajib ditilang,” Tegasnya.

Kegiatan ini, kata Subhan bukan hanya dilakukan di Pulau Tidore, tetapi dilakukan sampai di pulau Halmahera yang keseluruhannya adalah wilayah Kota Tidore Kepulauan.

“Kami tidak fokus hanya di Pulau Tidore saja, tetapi di seluruh wilayah Kota Tidore Kepulauan, jadi sampai ke pulau Halmahera daratan Oba dengan melibatkan personil sesuai dengan aturan sebanyak 20 personil dan dibagai sebagian di Tidore dan sebagiannya lagi di daratan Oba Halmahera,” jelasnya.

Saat ditanya keterlibatan Dinas terkait kedalam operasi zebra, Subhan mengatakan hanya melibatkan fungsi satuan lalulintas karena menyangkut masalah tindakan.

“Hanya dilibatkan anggota lalu lintas karena terkait penindakan, untuk Dinas Perhubungan menyangkut ketertiban kendaraan. Jadi,  hanya didampingi oleh Provos sebab berhubungan dengan penindakan disiplin anggota, ketika bertugas dilapangan,” jelasnya.

Untuk kegiatan operasi zebra ini, lanjut Subhan suda berkordinasi dengan jaksa, tetapi dalam hal pelaksanaan jadwal sidang ditempat belum dilakukan. “Jadi yang kita lakukan sidang tiap bulannya,” terangnya.

Kasat juga menambahkan, pihaknya sementara melakukan persiapan operasi dengan menyediakan spanduk dan menyusun persiapan gelar pasukan.

“Sekarang ini, masih persiapan gelar pasukan, untuk gelar pasukan kita undang dari Kodim, Dinas Perhubungan, serta dari Satpol PP, agar mereka juga bisa minghimbau kepada anggotanya agar kelengkapan kendaraan dilengkapi, baik kendaraan dinas maupun pribadi,” jelasnya.

Kasat juga menghimbau kepada Masyarakat agar seluruh kelengkapan kendaraan diperhatikan sehingga keselamatan berlalu lintas terjaga.

Sementara itu, untuk mengantisipasi ketika terjadi suap pada saat pelaksanaan operasi zebra, Kasatlantas AKP Subhan telah menyampaikan kepada jajaran agar tidak boleh menerima suap dalam bentuk apapun.

“Apabila anggota maupun masyarakat yang kedapatan suap, maka ditindak sesuai dengan prosedur,” tegasnya. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments