Senin, Agustus 2, 2021
BerandaKerjasama Dengan Kementrian Keuangan RI, Pemkot Tidore Gelar Bimtek Akuntansi Keungan Daerah
Array

Kerjasama Dengan Kementrian Keuangan RI, Pemkot Tidore Gelar Bimtek Akuntansi Keungan Daerah

ghjkl
Walikota Tidore, Capt. H. Ali Ibrahim, MH saat memberi sambutan dalam kegiatan Bimtek Akuntansi Keuangan Daerah 2016.

FAKTA PERS – MALUKU UTARA.

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bekerjasama dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis Akuntansi Keuangan Daerah Tahun 2016, dipusatkan di Daerah, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Rabu (16/11).

Bimtek yang digelar selama dua hari dan dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH, tersebut dikuti sebanyak 168 orang peserta, terdiri dari 84 orang Pejabat Penatausahaan Peuangan (PPK) SKPD dan 84 Pembantu PPK SKPD pada Dinas, Badan, Kantor, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Kecamatan dan Kelurahan.

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim mengatakan,  sejak ditetapkannya Undang-undang No 17 Tahun 2010 Tentang Keuangan Negara dan UU No 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara, kita dituntut untuk lebih transparan, akuntabel serta efisien dan efektif dalam mengelola keuangan negara. Dengan ditetapkannya regulasi tersebut, maka salah satu semangat yang ingin diwujudkan adalah terciptanya good governance dan clean governance dalam pengelolaan keuangan.

Lanjut Walikota,  Untuk dapat mewujudkan semangat tersebut, maka salah satu caranya adalah penerapan akuntansi berbasis akrual.

Ali Ibrahim menambahkan, dengan diberlakukannya akuntansi berbasis akrual sejak tahun 2015 di seluruh Indonesia merupakan suatu hal baru yang butuh perhatian khusus serta keseriusan bagi setiap daerah khususnya Kota Tidore Kepulauan meskipun pada tahun 2015 kita telah memperoleh Opini WTP.

Sementara itu, Sekretaris BPKAD, Marsaid Idris, menjelaskan, laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD yang disusun dan disajikan dalam bentuk neraca dan beberapa laporan diharapkan dapat memberikan informasi akuntansi yang relevan guna mengevaluasi kinerja pemerintahan sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang berkaitan dengan pertanggungjawaban sumber daya serta pelaksanaan kebijakan, mempermudah fungsi perencanaan pengelolaan dan pengendalian, ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan pencapaian kinerja pemerintahan.

Narasumber pada Bimtek ini semuanya berasal dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Tohjaya, Triyanto dan Ivan Nosferi. Pembukaan Bimtek turut dihadiri para Staf Ahli, Asisten Sekda serta pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (Sudirman S)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments