Jumat, Juli 30, 2021
BerandaMalas masuk Kerja, 5 PNS Tidore Kepulauan Dipecat
Array

Malas masuk Kerja, 5 PNS Tidore Kepulauan Dipecat

pns
Kantor Walikota Tidore Kepulauan

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Sikap malas dan kurang disiplin dalam menjalankan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) membuat 5 orang PNS di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan akhirnya dipecat. Kelima orang PNS itu masing-masing bernama Ruslan Ahmad pegawai Satpol PP, Amerudin Dano Ali pegawai di Dinas Perhubungan dan Transportasi, Musdalifah Hamid PNS di Puskesmas Payahe, Muhammad Ridha Guru SMA Negeri 6 Tidore, dan Muslim pegawai BPKAD Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kepala Bidang Informasi dan Pembinaan (Kabid Infobin) Kota Tikep, Drs. Amin M Zen kepada sejumlah wartawan di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tikep, Selasa (29/11/16) membenarkan adanya pemecatan ke 5 PNS tersebut.

“Iya, sesuai dengan PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dimana dalam ketentuan itu mengatur tidak masuk kerja tanpa ada alasan yang sah selama 46 hari kerja maka diberhentikan dengan tidak hormat. Jadi, kelima orang PNS ini bukan hanya tidak masuk kerja selama 46 hari, melainkan 1 tahun bahkan ada yang 2 tahun,” jelasnya.

Amin M.Zen menambahkan, keberadaan kelima orang PNS tersebut, awalnya itu dilacak oleh masing-masing SKPD dan diketahui keberadaan mereka, namun setelah itu keberadaan mereka sudah tidak diketahui.

“Keberadaan mereka diketahui, setelah itu diproses melalui pemanggilan agar diperiksa. Namun pada tahap-tahap selanjutnya, keberadaan mereka sudah tidak diketahui,” katanya.

Amin M.Zen juga menambahkan, sampai saat ini tidak ada berita kelima PNS tersebut mutasi kedaerah lain.

“Jadi mereka meninggal pun tidak karena tidak ada laporannya, sakit hanya awal-awal itupun diketahui oleh setiap SKPD, bahkan mutasi kedaerah lain pun tidak ada,” tambahnya.

Bahkan, Amin M.Zen juga menambahkan, pada bulan Desember sekitar 10 orang PNS juga akan diproses karena melanggar PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Torang sementara ada monitoring dan mendapatkan PNS yang lalai dalam melaksanakan tugas. Tetapi nanti dievaluasi, pilah-pilah dulu mana yang pelanggaran ringan, sedang dan berat. Dari data yang ada sekitar 10 lebih PNS,” kata Amin M Zen.

Sementara itu, Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen, SE saat ditemui Fakta Pers di lokasi Panen Raya Jagung SMK Negeri 3 Tidore mengatakan kelima orang PNS tersebut telah mengabaikan tugas karena tidak lagi masuk kerja hampir 3 tahun sehingga melanggar aturan PP Nomor 53 Tahun 2010. Bahkan, lanjut Wawali tempat tinggal kelima PNS tersebut, tidak jelas keberadaannya.

Wawali berharap agar seluruh PNS dilingkup Kota Tidore Kepulauan agar memperbaikai kehadiran, “Disiplin itu penting bagi PNS, kalau keinginan pelayanan itu bagus maka disiplin PNS itu harus bagus,” kata Wawali.

Orang nomor dua di Kota Tidore ini, bahkan meminta kepada masyarakat agar turut serta membantu dirinya dalam melakukan pengawasan terhadap kedisplinan PNS dengan memberikan informasi kepada Wawali, apabila melihat PNS yang malas.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments