Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Mengangkat Kearifan Lokal Lewat Kegiatan Nuku World Festival
Array

Mengangkat Kearifan Lokal Lewat Kegiatan Nuku World Festival

foto tidore
Keterangan Foto: Sesi foto bersama Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim bersama Panitia Pelaksanaan Nuku World Festival di Ruang Rapat Walikota Tidore.

FAKTA PERS – TIDORE.

Untuk mengangkat serta menjaga kearifan lokal dan nilai – nilai budaya yang pernah diajarkan oleh Sultan Nuku, Panitia Pelaksanakan Kegiatan Nuku World Festival menemui Walikota Tidore Kepulauan.

Kedatangan panitia yang dipimpin langsung Ketua Panitia Nuku World Festival, Abdullah Dahlan dalam rangka menyampaikan detail rencana pelaksanaan kegiatan sekaligus meminta dukungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terhadap rencana pelaksaan kegiatan festival tersebut. Kedatangana Panitia diterima langsung oleh Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim, Senin (31/10) di Ruang Rapat Walikota Tidore Kepulauan.

Abdullah Dahlan dalam pembicaraanya menyatakan bahwa kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 14 November yang bertepatan dengan tanggal Haul Sultan Nuku. Serta dilaksanakan di Ternate dan Tidore, bahkan rencananya akan dihadiri para Kepala daerah dan dari kalangan Negara Asing.

“Jadi, sebagian besar rangkaian acara akan dilaksanakan di Kota Ternate dan ada rangkaian kegiatan tertentu yang dilakukan di Tidore. Kami berencana menghadirkan Kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati/Walikota di wilayah yang pernah menjadi persekutuan Kesultanan Tidore. Bahkan untuk kalangan Negara asing, Kedubes Negara Inggris di Indonesia sudah mengkonfirmasi undangan panitia bahwa Duta Besar akan hadir dalam kegiatan ini”, beber Abdullah Dahlan.

Kedatangan para Kepala Daerah di acara tersebut, kata Abdullah, nantinya dibuatkan sebuah Agreement atau kesepakatan antar Kepala Daerah bekas persekutuan Kesultanan Tidore agar selalu menjaga kearifan lokal, nilai-nilai budaya dan pembangunan daerah yang saling bersinergi. Disamping itu, Abdullah menambahkan bahwa panitia juga berencana menggelar Ekspedisi Nuku, yaitu napak tilas perjalanan Sultan Nuku dalam menjelajahi wilayah kekuasaannya dari Tidore, Gamrange, Raja Ampat dan Kepulauan di Seram.

Sementara itu, Walikota Tidore Kepulauan saat menerima penjelasan dari Panitia Nuku World Festival menyampaikan apresiasi positif dan dukungan atas terlaksananya kegiatan ini.

” saya, sangat mendukung dan mengapresiasi, sekaligus berharap agar kegiatan Nuku World Festival berlangsung dengan khidmat, dan kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan hanya satu kali saja tetapi berlangsung secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga dapat dilaksanakan secara lebih terencana dan teratur. Apalagi kegiatan ini mengangkat nilai-nilai kearifan lokal”, harap Walikota.

(ss)

Most Popular

Recent Comments