Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Pemprov DKI Jakarta Terjunkan 100 Personil Saber Pungli
Array

Pemprov DKI Jakarta Terjunkan 100 Personil Saber Pungli

pungli

FAKTA PERS – JAKARTA.

Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) untuk melakukan ‘operasi intelijen’ di titik-titik vital, terutama pelayanan publik.

Ada 100 orang personel intelijen tim Saber Pungli ini, yang siap mengawasi segala bentuk pungli, bahkan menangkap pelaku pungli.

“Saber Pungli nanti intelijen, kami tidak akan umumkan. Semua titik akan ada 100 intelijen yang kami sebar di titik-titik pelayanan publik. Enggak perlu kami umumkan siapa orangnya, pakaiannya apa,” kata Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono, di Silang Monas Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2016).

Plt Gubernur Soni Sumarsono menjelaskan tim Saber Pungli yang ada di lapangan bisa melakukan penyamaran.”Bisa juga dia penjual rokok, tukang parkir, dan juga bisa melakukan penyamaran sebagai pengguna layanan. Ada teknik kerja secara internal yang kita lakukan,” ujarnya.

Selain itu, tim Saber Pungli bisa diketahui masyarakat. “Kurang dari 20 (orang) itu yang tim pokok. SK-nya boleh dibaca itu. Ada kepala dinas dan SKPD. Yang jelas Forkominda semua terlibat, Polisi, TNI, Kejaksaan semua ada. Kita Inspektorat terutama semua ada,” ungkapnya.

Soni melanjutkan, dapat menerima laporan dari masyarakat terkait pungli. “Ya bisa, selama ini kan bisa. Ke saya juga bisa. Dari Qlue, SMS ke saya semua open,” tegasnya.

Sumarsono menjelaskan tidak ada anggaran khusus untuk Tim Saber Pungli. “Sebenarnya tidak perlu biaya, hanya optimalisasi posisi saja.” katanya.

“Honornya juga enggak usah ada. Karena tugas dia ini mendesak baru kemarin perintah menteriya kita laksanakan sekarang. Tapi untuk rutinnya nanti 2017 kita berikan operasional,” pungkasnya. (Red)

Most Popular

Recent Comments