oleh

Saber Pungli Pasuruan Akan Memantau Pelayanan Publik

-Daerah-257 views

images-2

FAKTA PERS – PASURUAN.

Saber Pungli Pasuruan, Jawa Timur akan memantau sektor pelayanan publik. Sektor pelayanan yang dipantau antara lain, mulai dari pembuatan KTP, SKCK, STNK, SIM, BPKB, izin bongkar muat barang di pelabuhan dan sejumlah izin di berbagai kementerian lainnya.

Selain melakukan penindakan, juga membuat tim ‘Saber Pungli’ mengkaji apakah ada aturan yang mendukung terjadinya pungli. Tim tersebut akan menyisir regulasi yang dobel, tumpang tindih, regulasi yang tidak efektif dan merugikan rakyat.

Penetapan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 26 Tahun 2016 tersebut sekaligus akan ditindaklanjuti dengan pemindahan ibu kota dari Kota Pasuruan ke Kota Bangil.

Dalam PP yang ditandatangani 28 Juni 2016 disebutkan bahwa ibu kota Kabupaten Pasuruan dipindahkan dari wilayah Kota Pasuruan ke wilayah Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Perpindahan ibu kota dengan pertimbangan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembangunan, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf sebelumnya sudah melakukan langkah pencegahan pungli. Selain itu, PNS harus diawasi dan berani menolak jika dalam pemrosesan pengurusan perizinan atau pelayanan yang lainnya.

“Dan kami pun sudah mengundang para pengusaha dan pejabat untuk memberi kajian dengan adanya tindakan pungli,” bagi para pengusaha dan pejabat agar menolak dan menerima hadiah dengan tujuan ada maksud tertentu.

“Saya tekankan dalam rapat kemarin dan kami juga mengingatkan agar tidak melakukan pungli dan tidak tidak usah mencoba melakukannya,” tuturnya.

“Bagi sanksi yang melakukan pungli pasti ada dan kamipun akan meberi sanksi secara tegas. Janganlah mengambil yang bukan hak kita dan terus behati-hati jangan mengambil hak orang lain. Carilah rezeki yang halal dan barokah”.

“Untuk Agus Setiadji Sekertaris Daerah (Sekda) saya minta terus selalu mengawasi aparatur dibagian bidang pelayanan,” terangnya Bupati Irsyad Yusuf.

(Pur)

Komentar

News Feed