Rabu, Juni 16, 2021
BerandaSikapi Gejolak Politik Nasional, Walikota Tidore Gelar Pertemuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah
Array

Sikapi Gejolak Politik Nasional, Walikota Tidore Gelar Pertemuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah

TIDORE

FAKTA PERS – TIDORE.

Menyikapi situasi politik di Ibukota Jakarta yang akhir-akhir ini sedang tidak stabil, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim menggelar rapat bersama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, yang juga dihadiri Jojau Kesultanan Tidore, pimpinan perguruan tinggi, Ketua MUI Kota Tidore Kepulauan, Kepala Badan PMD Kesbangpol dan Linmas, Hamid Abdullah, Kasatpol PP, Abdullah Ahmad dan sejumlah instansi teknis lainnya. Bertempat di ruang rapat Walikota, Senin (21/11).

Dalam rapat tersebut, Walikota Tidore menghimbau masyarakat Tidore untuk tidak mudah terprovokasi dan tidak boleh terpancing dengan berbagai isu – isu yang belum jelas kebenarannya.

Walikota mengatakan, bahwa situasi politik di Ibukota Jakarta saat ini sedang panas-panasnya, kondisi ini kemudian mempengaruhi seluruh Indonesia melalui penyebaran informasi baik melalui media massa, media cetak maupun media elektronik.

” Lebih parah lagi saat ini setiap individu masyarakat dengan mudah dapat mengakses informasi di dunia maya, yang belum tentu seluruhnya merupakan informasi yang benar,” kata Walikota.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini, meminta kepada elemen pemerintahan bersama masyarakat bersinergi menciptakan suasana Kota Tidore Kepulauan yang aman, nyaman dan damai bagi siapapun yang tinggal di Tidore, saling bertoleransi dengan perbedaan dan menjunjung tinggi persatuan.

Dandim 1505 Tidore, Letkol (Inf) Harrisal Ismail Subing pada kesempatan tersebut,  mengapresiasi langkah Pemkot Tidore, karena telah menggelar rapat bersama untuk mencegah kondisi yang tidak diinginkan. Harrisal juga menjelaskan, bahwa sejumlah media memberitakan seolah-olah kondisi Ibukota saat ini sedang panas. Walaupun isu ini ruang lingkupnya di Ibukota Jakarta namun informasi ini dapat mempengaruhi stabilitas keamanan masyarakat di daerah.

” Oleh karena itu, Pemkot bersama elemen stakeholder di daerah harus bersinergi menjawab persoalan ini dan menenangkan masyarakat bahwa kondisi politik di Jakarta tidak ada kaitannya dengan daerah,” ajaknya.

Sementara itu, Kapolres Tidore, AKBP. M. Edi Purwanto mengingatkan bahwa panasnya situasi politik di Jakarta terkait informasi rencana demo lanjutan tanggal 25 November dan 2 Desember mendatang. Dikatakan bahwa pihak Kepolisian mengkhawatirkan aksi demo ini akan ditunggangi oleh pihak-pihak tertentu yang menolak kebhinekaan dalam bernegara.

“Menyikapi hal tersebut, Polres Tidore akan berupaya membangun dialog bersama sejumlah elemen masyarakat dan Ormas-ormas tertentu yang dapat membantu mendamaikan masyarakat. Namun Polres Tidore tetap menerima penyampaian aspirasi masyarakat dalam bentuk apapun yang penting sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” jelas Edi Purwanto.

Disisi lain, Ketua MUI Kota Tidore Kepulauan, KH. Saleh Yasin, S.Ag menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya siap mendukung Pemkot Tidore serta menghimbau ummat Muslim untuk dapat menahan diri dari tindakan-tindakan yang merugikan semua pihak.

“MUI juga akan melaksanakan dukungan ini dengan meminta para Imam dan Syara menyampaikan himbauan masyarakat agar menjaga suasana aman, nyaman dan damai serta tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum jelas kebenarannya,” Terang Saleh Yasin.

Diakhir rapat tersebut, Walikota Tidore, Capt. H. Ali Ibrahim memerintahkan kepada para Camat dan Lurah serta Kepala Desa sebagai garda terdepan layanan pemerintahan agar selalu tanggap terhadap situasi yang berkembang yang berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat.

“Saya mintakan Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk lebih pro aktif terhadap situasi dan kondisi yang berkembang. Bila terdeteksi hal-hal yang mengarah kepada gangguan stabilitas agar segera berkoordinasi dengan pihak berwajib secepatnya agar dapat ditanggulangi dengan baik dan terpadu,” tegas Ali Ibrahim.

(SS)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments