Jumat, Maret 5, 2021
Beranda STKIP Kie Raha Ternate Wisudakan 792 Sarjana
Array

STKIP Kie Raha Ternate Wisudakan 792 Sarjana

STKIP
Sesi foto Senat STKIP Kie Raha Ternate

FAKTA PERS – TERNATE.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kie Raha Ternate melaksanakan rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalies ke XIII dan wisuda Sarjana Tahun Akademik 2016/2017 bertempat di kampus STKIP Kie Raha Ternate, Kelurahan Jambula Ternate selatan, Selasa (01/11).

Wisuda Sarjana STKIP Kie Raha Ternate diikuti sebanyak 792 Wisudawan dan Wisudawati terdiri dari  Sarjana Pendidikan Sejarah 32 orang, Sarjana Pendidikan Ekonomi 24 orang, Sarjana Pendidikan Geografi 92 orang, Sarjana Pendidikan Biologi 62 orang, Sarjana Pendidikan Matematika 30 orang, Sarjana Pendidikan Fisika 35 orang, Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 48 orang, Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris 28 orang, Sarjana Pendidikan Olahraga 140 orang, dan Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar 301 orang.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Kie Raha Ternate, Dr. H. Sidik D. Siokona, MPd mengatakan bahwa, wisuda yang dilaksanakan hari ini bukanlah hanya sekedar upacara serimonial semata, namun lebih mengandung makna penyerahan tugas dan tanggung jawab institusi kepada lulusan sebagai tenaga guru berkualifikasi Sarjana untuk diabdikan di tengah-tengah masyarakat.

“Wisuda ini bukanlah akhir dari suatu proses belajar, tetapi merupakan awal dari proses belajar yang sesungguhnya di masyarakat”, kata Sidik D. Siokona.

Ketua STKIP menambahkan mahasiswa STKIP yang terdaftar sampai dengan semester ganjil tahun akademik 2016/2017, seluruhnya berjumlah 4851 orang. Jumlah tersebut telah dikurangi dengan lulusan yang sekarang diwisudakan. Sedangkan untuk jumlah dosen di STKIP Kie Raha Ternate, menurut Sidik Siokona, jumlah dosen yang tersebar di 10 program studi sebanyak 121 orang dosen.

“121 orang dosen ini terdiri dari 5 orang dosen PNS Kopertis Wilayah XII, 106 dosen tetap yayasan, 26 dosen tetap, dan dosen tidak tetap sebanyk 10 orang”. Jelasnya.

Sementara itu, lanjut Sidik, seluruh dosen PNS Kopertis, dosen tetap yayasan, dan dosen tidak tetap telah berkualifikasi S2.

“Sementara 20 orang dosen tetap yayasan sedang studi S2, dan 72 orang dosen, sedang melanjutkan studi S3 diberbagai Universitas di Indonesia dan pada tahun depan kami akan mengirim 28 dosen tetap yayasan mengikuti tes untuk studi lanjutan S3 diberbagai Universitas di Indonesia”, bebernya.

“Terhitung semester ganjil 2016/2017, Ismit Hi Karim dosen di program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kie Raha Ternate, telah lulus tes dan berangkat mengikuti kuliah S2 di Universitas Quin Belvast Inggris”, tambah Sidik D Siokona.

Acara Dies Natalies XIII dan Wisuda Sarjana STKIP Kie Raha Ternate ini dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Maluku Utara, Ir. Hasbi Rora mewakili Gubernur Propinsi Maluku Utara, Koordinator Kopertis Wilayah XII, DR. Zainuddin Notanubun, MPd bersama Istri, Asisten Direktur Bidang Akademisi Pascasarjana Universitas Negeri Manado Prof. Dr. H Sanusi Gugule, M.S beserta Istri Prof. Dr. Hi. Feti Fatimah M.S guru besar di Universitas Sam Ratulangi Manado, Ketua Yayasan Pengembangam Sumber Daya Manusia Maluku Utara Indonesia, dr. Niakurnia, M.Kes, DPRD Provinsi Maluku Utara, Pemkot Ternate, Dinas Pendidikan, para Pimpinan Perguruan Tinggi di Maluku Utara, TNI/Polri, serta para Kepala Sekolah Mitra STKIP Kie Raha Ternate.

Sementara itu, orasi ilmiah disampaikan Prof. Dr. H Sanusi Gugule, MS dengan Tema “Pengembangan Sumber Daya Alam Lokal Sebagai Bahan Baku Alternatif Sintesia Energi Terbarukan”.

(ss)

Most Popular

Recent Comments