Kamis, Juli 29, 2021
BerandaAkhir Desember 2016 Pengukuhan dan Pelantikan OPD Baru Kota Tidore Kepulauan Dilaksanakan
Array

Akhir Desember 2016 Pengukuhan dan Pelantikan OPD Baru Kota Tidore Kepulauan Dilaksanakan

cvbn

FAKTA PERS – TIDORE KEPULAUAN.

Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah menyetuji pengukuhan dan job fit Organisasi Perangkat Daerah Baru (OPDB) Kota Tidore Kepulauan. Hal tersebut sesuai dengan surat dari KASN kepada Walikota Tidore Kepulauan bernomor B-2387/KASN/12/2016 tentang Penyampaian Laporan Pengisian JPT Pratama terkait dengan Pelaksanaan PP 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Dalam surat itu, KSAN menjelaskan bahwa setelah menerima dan mempelajari Peraturan Daerah Kota Tidore Kepulauan Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah serta Rencana Pengisian Organisasi Perangkat Baru di Kota Tidore Kepulauan, KSAN menyatakan pada prinsipnya menyetujui pengukuhan dan job fit OPDB di Kota Tidore Kepulauan. Bahkan, KSAN meminta agar pengukuhan dan pelantikan dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2016 dengan alasan agar tidak menggnggu keuangan daerah.

Lewat surat tersebut, KASN juga memberikan apresiasi Kepada Pemerintah Kota Tidore kepulauan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tidore Kepulauan karena telah bekerja sesuai prosedur dalam menyampaikan dokumen laporan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tidore Kepulauan, Drs. Sura Husain saat ditemui Wartawan Global Malut diruang kerjanya, Selasa (20/12) membenarkan adanya surat tersebut, dan menyampaikan pada akhir Desember 2016 dilakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat untuk mengisi Jabatan baru dalam OPDB tersebut.

“Kebetulan, kemarin Kabid Mutasi suda konsultasi dengan KASN dan juga suda membawa surat resmi dari KASN dengan Prihal Penyampaian Laporan Pengisian JPT Pratama terkait dengan Pelaksanaan PP 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Jadi, intinya dari pihak KASN menyetujui pembentukan dan susunan perangkat daerah baru dan rencana pengisian organisasi perangkat daerah di Kota Tidore Kepulauan diterima,” kata Sura Husain.

Kaitan dengan hal itu, lanjut Sura Husain, selaku BKD kami menyiapkan langkah-langkah yang pertama bahwa OPD yang telah di hapus berupa Pertambangan, BP4K, dan Tata Kota. Maka semua Pejabat struktural yang ada di OPD tersebut diberikan surat pemberhentian oleh Walikota Tidore Kepulauan. Selanjutnya, Kami juga suda menyiapkan para pejabat yang SKPDnya suda Lebur dari Diknas dan lain-lain, akan kami lakukan job fit dalam waktu singkat ini. Job fit itu dilakukan, lanjut Kepala BKD sehingga para pejabat yang ada itu, nantinya di SK-kan oleh Walikota agar di tempatkan atau di kukuhkan di OPD yang mana.

“Untuk Yang belum ada kita lakukan seleksi terbuka, tahapannya pada Januari 2017,” katanya.

Kepala BKD Tikep menambahkan langkah berikut yaitu dengan melakukan penyusunan jabatan struktural baik itu di OPD baru maupun di OPD lama yang mengalami perubahan mulai dari Pejabat Eselon III sampai IV. “Nantinya dikukuhkan secara bersama-sama dari akibat perubahan nomenklatur dan berubahnya Perda tentang OPD itu,” jelasnya.

Langkah terakhir yang dilaksanakan oleh pihak BKD Tikep yaitu dengan dilakukannya rapat khusus oleh team Baperjaka yang dilakukan dalam waktu singkat ini. “Yang jelas pelantikan ini tidak lewat dari bulan Desember 2017,” terangnya. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments