oleh

Alamak..! Tahun 2017 Pemko Gunungsitoli Hapus Pos Anggaran Pemberitaan

-Daerah-224 views
Kabag Humas Pemko Gunungsitoli, Jasniati

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, tidak lagi membayarkan pemberitaan wartawan dalam bentuk apapun mulai tahun 2017.

Hal itu disampaikan oleh Kabag Humas Pemko Gunungsitoli, Jasniati kepada Fakta Pers, Rabu, (28/12/2016).

Selanjutnya, Jasniati mengatakan, “secara nyata pembayaran berita atau publikasi yang dilakukan seorang wartawan sangat bertentangan dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang PERS. Maka dari itu, Pemko Gunungsitoli memutuskan tahun 2017 tidak membayarkan pemberitaan kepada wartawan.

“Tahun depan tidak ada lagi biaya pembuatan berita untuk teman-teman wartawan bang, kita sudah hapuskan dari pos anggaran Humas dan tidak diajukan dalam pembahasan di DPRD,” ujarnya Jasniati.

Selanjutnya, dikatakan Jasniati, “bila ditahun-tahun sebelumnya Pemko Gunungsitoli membayarkan pemberitaan wartawan tentang kegiatan-kegiatan Pemko Gunungsitoli itu hanya karena kebijakan Pemerintah, namun bukan berarti menjadi sebuah keharusan.”

“Hanya untuk biaya pemberitaan aja yang dihapus dari pos anggaran bang, kalau rekening koran tetap berjalan seperti biasa,” ucap Jasniati mengakhiri penjelasannya.”

Dari pengamatan Fakta Pers, nilai nominal yang dibayarkan Pemko Gunungsitoli kepada wartawan dalam satu kali membuat berita kegiatan-kegitan Pemko Gunungsitoli sebesar Rp. 50.000, dan pembayaran dilakukan setiap tiga bulan sekali. (Edward Lahagu).

Komentar

News Feed