oleh

Masyarakat Desa Lasara Bahili Menyambut Baik Program Dana Desa

-Daerah-299 views

received_120300001018047814

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Dana Desa (DD) adalah salah satu program pemerintah untuk membantu masyarakat dalam membuka lapagan perkerjaan, menujang perekonomian masyarakat desa seperti contohnya di Desa Lasara Bahili, Kecamatan Gunungsitoli, Kodya Gunungsitoli.

Dari amatan  Fakta Pers, Selasa 06/12/2016, perkerjaan alokasi dana desa di Desa Lasara Bahili sangat menyetuh terhadap warga setempat untuk menciptakan lapangan perkerjaan dan juga dalam hal membangun desa.

Masyarakat Desa Lasara Bahili bernama Desri Hulu yang menjadi salah satu pekerja mengatakan, “dirinya sangat berterima kasih dengan adanya aktivitas pembangunan yang sedang dikerjakan dan kami juga berterima kasih atas adanya dana desa sehinga perekonomian kami mengalami peningkatan dari sebelumnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Risman Hulu mengatakan,” kami juga sangat bahagia dengan hadirnya dana desa di desa kami ini, karena dapat membantu kami dalam segi perekonomian dalam keluarga,” ujarnya dengan penuh bahagia.

received_120300001018705534

Selanjutnya, Kepala Desa Lasara Bahili Kurniawan Harefa mengatakan,”pembangunan dana desa di Desa Lasara Bahili ada 3 perkerjaan, pertama tembok penahan yang bertempat di balai desa, yang kedua jalan setapak bertempat di Dusun I, yang ketiga parit beton bertempat di Dusun III Desa Lasara Bahili.”

“Dana desa pembagunan ini kurang lebih sekitar 500 juta rupiah untuk tahap pertama sekitar 60% baru setelah siap 60 % baru kita membuat SPJ dan kita laporkan SPJ kita, untuk masuk ke tahap kedua yang 40% lagi,” ujarnya.

received_120300001009658076

Kemudian Kades Lasara Bahili menambahkan, “pebayaran upah para perkerja mengunakan sitem HOK (hari orang kerja ), jadi HOK ini akan membayar dengan keahlian masing-masing seperti dia ahli bagian pengalian, mengangkat, atau disebut sebagai kernet, dan kernet juga dibayar upah kerja sebesar Rp. 80.000 perhari, sedangkan tukang dibayar upah kerja sebesar 120.000 perhari dengan sistem perkerjaan mulai jam 08.00 sampai 12.00 untuk jadwal istrahat dan berkerja kembali mulai jam 13.00sampai selesai pukul 17.00.”

Diakhir wawancara dengan Fakta Pers, Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Bapak Jokowi dan juga pemerintah daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Gunungsitoli yang telah memberikan kesempatan dalam hal lapangan perkerjaan buat masyarakat indonesia, dan khususnya masyarakat Desa Lasara Bahili. (Edward Lahagu).

Komentar

News Feed