Rabu, Mei 12, 2021
BerandaPemkab Muara Enim Kukuhkan Satgas Saber Pungli
Array

Pemkab Muara Enim Kukuhkan Satgas Saber Pungli

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Pengukuhan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ( SatGas SABER PUNGLI) Kabupaten Muara Enim berlangsung di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muara Enim (27/12).

Dalam pengukuhan ini dilakukan oleh Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Wakil Bupati Muara Enim H. Nurul Aman SH, kepada Ketua Pelaksana Waka Polres Muara Enim M. Aidil SH. Msi, Wakil Pelaksana 1 Inspektur Kabupaten Muara Enim Anthoni Zulkarnain, SE, Wakil Pelaksana II Kasi Intel Kejaksaan Negeri Muara Enim Erik Eriyadi, SH.MH.

Hadir dalam acara pengukuhan ini Kapolres Muara Enim  AKBP Hendra Gunawan Msi, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Enim Adyaksa Dharma Yuliano, SH MH, Damdim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin, Kepala Pengadilan Agama, Para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Para Camat, dan undangan lainnya.

Dalam Sambutanya Bupati Muara Enim yang dibacakan oleh Wakil Bupati mengatakan bahwa, “Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu yang lalu telah menerbitkan Peraturan Presiden  (PERPRES) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ( SaBer PungLi ) yang ditandatangani pada tanggal 21 Oktober 2016.

SaBer PungLi merupakan bagian paket kebijakan hukum yang pertama Presiden Joko Widodo, penanganan pungutan liar sudah menjadi salah satu prioritas, karena banyaknya keluhan tentang pungli yang diterima Presiden.
Menurut Presiden, jika tidak ditangani maka pengusaha atau investor akan semakin malas berinvestasi di Indonesia.

“Dengan merajalelanya pungli akan menurunkan daya saing produk-produk ekspor kita, kita akan selalu kalah bersaing dengan negara negara lain, baik ditingkat Asean maupun di tingkat persaingan Global.” Ujar Wabup.

Selanjutnya , “berdasarkan salinan tersebut dijelaskan bahwa SaBer PungLi mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil satuan kerja dan sarana prasarana, baik yang berada di Kementerian, Lembaga atau Pemerintah Daerah.

  

Adapun cara kerjanya menekan empat fungsi yakni, fungsi Intelijen, Pencegahan, Penindakan dan Yustisi, fungsi itu bisa berwujud membangun sistem pencegahan pengumpulan data dan informasi menggunakan teknologi, mengkoordinasi dan melakukan operasi tangkap tangan (OTT), hingga memberikan sangsi atau Hukuman kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Jelas Wabup.

Sementara itu Ketua pelaksana SaBer PungLi Kabupaten Muara Enim ketika di wawancarai Fakta Pers mengatakan, “unit kerja SaBer PungLi ini bukan hanya semata-mata untuk penindakan, tapi ada proses pencegahan dan akan bertugas sesuai dengan Tupoksinya masing-masing dengan harapan kedepannya nanti bukan berapa banyak pelaku pungli itu yang ditangkap tapi bagaimana budaya pungli itu jadi hilang, percuma dengan banyaknya orang yang kita tangkap tapi punglinya tidak hilang,”

“Yang akan jadi prioritas untuk SaBer PungLi adalah di tempat pelayan umum publik disemua level, baik itu di tingkat RT maupun sampai dengan tingkat Kabupaten, sebelum pengukuhan ini di bulan yang lalu kami sudah rapat internal bersama semua satuan kerja baik dari Pemerintah Daerah , TNI, Polri, maupun Kejaksaan, dengan kesimpulan, mari kita benahi dulu internal kita masing-masing jangan sampai kita  melakukan tindakan tapi kita belum berbenah diri, dan diharapkan nantinya kepada insan Pers juga dapat bekerja sama dengan Team SaBer PungLi  dalam Hal memberikan informasinya, untuk seketariat Satgas kita berkantor di ruang Provos Polres Muara Enim kemudian kedepannya Satgas SaBer PungLi akan membuat akun atau nomor kontak yang dapat diakses oleh warga sehingga masyarakat dapat menyampaikan laporannya kepada Satgas SaBer PungLi dan harapan kedepannya PungLi di Kabupaten Muara Enim ini akan hilang dan pelayanan akan jadi lebih baik lagi,” Pungkasnya. (Ahmad Sukri )

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments