Selasa, Maret 9, 2021
Beranda PTBA Persero Tbk Tanjung Enim Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Belarusia
Array

PTBA Persero Tbk Tanjung Enim Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Belarusia

photo-belarusia

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Dalam rangka peningkatan dan kemandirian Produksi Tambang Batu Bara di Tanjung Enim, PT BA Persero Tbk menjalin kerja sama dengan Pemerintahan Belarusia.

Kedatangan Duta Besar Belarusia Vladimir Lopato Zagorsky, CEO Belazia Piotr Parkhomchik, Direktur Belazia Ihar Mishaniov, dan CEO PT Pusaka Bumi Transportasi Bayu Priawan Djokosutono bersama staff, diterima oleh jajaran Direksi PT BA yang bertempat di Rachall PTBA, Kamis (15/12/2016).

Dalam kerjasama mereka, terobosan baru program elektricfikasi mulai tahun depan akan dilaksanakan, kalau selama ini kopensi dum truk dan shuple manual, maka dengan program elektricfikasi ini sebagian alat akan mengunakan Tenaga listrik.

Keuntunganya adalah, PT BA memiliki pembangkit listrik sendiri yang kapasitasnya adalah 3×10 Mega Watt, yang mana pembangkit tersebut baru terpakai sebesar 8 Mega Watt, dan juga pembangkit listrik tersebut juga mengunakan bahan bakar Batubara yang berkalori rendah.

Secara otomatis biaya produknya akan lebih murah karena alat-alat ini tidak menggunakan bahan bakar minyak lagi, jadi dengan adanya alat-alat ini akan optimal.

Untuk oprasionalnya nanti kita akan memperdayakan anak anak tamatan STM lokal yang nantinya akan kita lakukan training oleh pihak Perusahaan penyedia barang tersebut.

Sekper PT BA Adib Ubaidillah mengharapan, “kedepan PT BA akan menambang secara mandiri dengan tidak tergantung pada subkontraktor. Walupun dengan komposisi akan tetap ada di wilayah pertambangan PT BA seperti di wilayah tambang Airlaya dan wilayah lainnya.”

Adib menambahkan, “dari 40 unit electrik Dumtruck dan 8 unit electrik shopel ini adalah investasi perusahaan yang dibeli dari negara Belarusia sebesar Rp. 1 triliun, alat ini perawatannya ditangung oleh pihak dari negara produksi alat.

Sementara itu Direktur Produksi pertambangan mengatakan, “adapun bentuk jalinan kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak, yakni berupa pemakaian produk alat berat dari negara Belarusia.”

“Kegiatan ini hanya berupa ramah tamah dan silaturahmi dalam rangka adanya jalinan kerjasama, dimana kita menggunakan produk mereka,” tutur Direktur Produksi dan Operasional Joko Promono didampingi Sekper PT BA Adib Ubaidillah disela-sela acara kepada para awak media.

“Kita berharap dengan digunakannya alat berat yang canggih dari negara Belarusia ini akan semakin meningkatkan hasil produksi dan efisiensi,” pungkasnya. (Ahmad Sukri)

Most Popular

Recent Comments