Jumat, Maret 5, 2021
Beranda Kapal Patroli Dengan Nama KNP 375 Tidore Milik KUPP Soasio Telah Tiba
Array

Kapal Patroli Dengan Nama KNP 375 Tidore Milik KUPP Soasio Telah Tiba

Walikota Tidore pantau kondisi kapal KNP 375 Tidore

FAKTA PERS – TIDORE.

Kapal Patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI dengan nama KNP 375 Tidore yang diberikan ke Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Soasio Tidore, pada Rabu (04/01/17) sekira pukul 10.00 WIT tiba di Pelabuhan Trikora Tidore.

Kedatangan kapal yang menempuh perjalanan dari Surabaya ini, disambut Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim bersama sejumlah pejabat dan Kepala KUPP Soasio, H. Umar Ismail. Kapal tersebut juga disambut dengan prosesi adat oleh para Yaya Goa dengan ritual mengikat kain selendang di tiang puncak kapal dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Terlihat, Walikota Tidore,  Capt. H. Ali Ibrahim menyambut dengan gembira kedatangan KNP 375 Tidore. Hal ini nampak ketika Walikota menerima Nahkoda yang baru turun dari kapal. Bahkan, setelah menerima penghormatan dari nakhoda dan awak kapal, Ali Ibrahim kemudian naik dan meninjau kondisi dalam kapal bersama Kepala KUPP Soasio, H. Umar Ismail.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini mengatakan, bahwa sebagai Kota Kepulauan, Tidore sudah seharusnya memiliki Kapal Patroli laut untuk keamanan wilayahnya. Apalagi saat ini ada sejumlah wilayah yang masih sangat sulit dijangkau menggunakan transportasi laut yang ada. Oleh karena itu, kata Ali Ibrahim, kedatangan KNP 375 Tidore diharapkan sangat membantu dalam mempermudah akses pemerintah daerah ke wilayah-wilayah yang sangat terpencil.

Senada dengan Walikota, Kepala KUPP Soasio, H. Umar Ismail mengatakan bahwa Kapal Patroli merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi mengingat luas wilayah Kota Tidore yang merupakan Kepulauan, maka Kapal Patroli ini merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut.

Sementara itu, Nakhoda KNP 375 Tidore, Hamka Mustafa menjelaskan, “Kapal ini mampu mengarungi lautan dengan kecepatan maksimal 25 knot perjam untuk rpm 2600 dan kecepatan 17 knot perjam untuk rpm 1700. Kapal Kelas Tiga dengan bobot mati 125 GT ini dirakit di Galangan Kapal Ben Santosa Pulau Madura Alumni AMI Bitung tahun 2001 ini menjelaskan setelah tiba di Tidore, Kapal yang memiliki pangkalan utama di Surabaya ini siap bekerja sesuai Tupoksinya dan bila sewaktu-waktu diperlukan untuki melayani kelancaran tugas Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, kami siap melaksanakannya.” Jelas Hamka.

(ss)

Most Popular

Recent Comments