Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaKemenag Muara Enim Lakukan Pelatihan Manasik Kepada Calon Haji dan Masyarakat
Array

Kemenag Muara Enim Lakukan Pelatihan Manasik Kepada Calon Haji dan Masyarakat

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Pelatihan Manasik Haji sudah mulai dilakukan oleh Kementerian Agama Muara Enim. Manasik Haji kali ini lebih awal waktunya dilaksanakan dari waktu yang ditentukan, hal ini disampaikan oleh Kepala Kemenag Muara Enim melalui Kasubag TU Kemenag Muara Enim Drs. H. Azhari Rahardi, Msi didampingi oleh Kasi Haji dan Umroh Kemenag Muara Enim H. Solihan S.Ag Mpd.I.

“Hal tersebut dilakukan mengingat SDM calon jemaah itu sendiri beraneka ragam, jadi kita lakukan agar mereka akan mendapat pelajaran dengan santai, yang tujuan agar nanti mereka betul-betul paham dan mandiri.” katanya.

“Pelatihan serta penyampaian materi sebelumnya total pertemuannya hanya 10 kali, dan ini dirasakan masih agak kurang. Oleh karena itu dengan menimbang beberapa hal lainnya akhirnya kami mencoba metode baru yaitu melakukan pelatihan dan memberikan materi lebih awal untuk tahun 2017 ini, dan kami memfasilitasi juga untuk umum bagi masyarakat Muara Enim.” Demikian dikatakan oleh Kasi Haji dan Umroh Kemenag Muara Enim saat dijumpai oleh Fakta Pers di sela-sela kegiatan 25/01.

“Untuk kegiatan tambahan ini kami melaksanakannya dengan cara gratis, dan tidak dipungut biaya karena para pemberi materinya itu adalah para petugas dari kantor Kemenag Muara Enim itu sendiri. Lain halnya program yang sudah ditetapkan pemerintah sebelumnya akan berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatan ini murni inisiatif serta tambahan dari kami sendiri untuk memberikan pengetahuan dan materi tentang tata cara menunaikan Haji,” Ujar H. Solihan.

H. Solihin menambahkan, “kami memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya Kabupaten Muara Enim yang ingin mengikuti latihan manasik ini kami sudah menjadwalkan waktunya yaitu pada minggu ke-2 dan Minggu ke-4 di setiap bulannya, dan untuk para peserta itu kami memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada warga masyarakat siapapun dan terbuka untuk umum baik yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta calon Haji, dan Umroh ataupun belum menjadi peserta calon Haji serta ingin menimba ilmu untuk mengetahui tata cara menunaikan ibadah haji.”

“Mereka juga kita beri kesempatan untuk mempelajarinya bersama kita disini, dengan arti kata lain semuanya boleh dan gratis, untuk kegiatan perdana ini yang telah hadir dan mendaftarkan diri kurang lebih 100 peserta, dan kami akan memberikan materi tentang kegiatan manasik haji, wajib hajinya maupun sunah-sunah yang akan dilakukan di pelaksanaan haji nantinya dengan demikian kami berharap nantinya para jemaah calon haji bisa mempelajarinya dan tidak dengan terburu-buru karena sesuai menurut kebiasaan dan tata cara masyarakat kita ini akan melakukan  agenda persedekahan-persedekahan ataupun  ziarah lainnya, mereka tidak merasa terburu-buru belajar dan latihan serta nantinya tidak berbarengan  dengan acara keluarga.” lanjutnya.

Sementara itu Kasubag TU Kemenag Muara Enim Drs H. Azhari Rahardi. Msi juga menambahkan bahwa, “pelaksana kegiatan ini dilakukan pada sore hari selepas sholat ashar, untuk tempat kita akan menggunakan Musholah Al-Ikhlas yang berada di halaman belakang, dan kalau memang pesertanya semangkin banyak dapat kita gunakan aula gedung kantor, dengan harapan masyarakat Muara Enim dapat ikut berpartisipasi bersama dan tentunya juga ini adalah salah satu dukungan kita terhadap program pemerintah Muara Enim  yang Agamis,” tutupnya.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments