oleh

Kondisi Jalan Lintas Halmahera Sekitar Sirimaake Dikeluhkan

-Daerah-283 views
Kondisi Jalan Lintas Halmahera di Tanjakan Tuguwae yang sebagiannya masih ditutupi longsoran tanah.

FAKTA PERS – SOFIFI

Kondisi jalan Lintas Halmahera yang berada di sekitar Dusun Sirimaake Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan tepatnya di Tuguwa sangat membahayakan bagi para pengendara, baik itu roda dua maupun roda empat. Sebab material longsoran dari tebing setingga kurang lebih 15 meter masih menutupi pinggiran jalan.

Amatan Fakta Pers pada Kamis (26/1) pagi, kondisi jalan raya yang ditutupi material tanah akibat longsor  beberapa pekan lalu, hanya dibersihkan sebagian agar dapat dilalui kendaraan. Selain material longsor, jalan yang juga memiliki tanjakan tinggi serta tikungan tajam ini, mengalami sedikit kerusakan. Oleh parah pengguna jalan ini sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

“Jadi kalu dari Sofifi menuju Weda, pas mau naik tanjakan jalan ini, kami harus memberhentikan mobil sebentar sambil membunyikan klakson, agar dapat memastikan kalu dari arah berlawanan tidak ada mobil, baru bisa naik. Karena sebagian badan jalan sudah ditutupi material longsor. Belum lagi kalau pas hujan, lalu sementara lagi lewat takutnya material bisa bergerak turun. Ini sangat membahayakan.” Kata Anca kepada Fakta Pers saat hendak melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, hal yang sama juga dikeluhkan seorang pengendara motor yang namannya tidak mau disebutkan. “Sebenarnya tebing ini pemerintah membuatnya membentuk terasering. Jadi buatnya hampir sama dengan yang di Weda Kabupaten Halmaherah Tengah. Sehingga longsor seperti ini susah untuk terjadi.” Cetusnya.

Dia menambahkan, belum lagi jalan yang curam serta kondisi yang licin dan agak rusak sangat membahayakan bagi kita pengendara roda dua.” Tambahnya.

Mereka berharap kepada Pemerintah agar dapat membersihkan material sisa longsoran sehingga tidak membahayakan para pengendara.

(Sudirman Sahmil)

Komentar

News Feed