Jumat, April 23, 2021
BerandaMasyarakat Pulau Nias Junjung Tinggi Toleransi dan Kebersamaan Antar Umat Beragama
Array

Masyarakat Pulau Nias Junjung Tinggi Toleransi dan Kebersamaan Antar Umat Beragama

FAKTA PERS – KEPULAUAN NIAS.

Sebagai wujud toleransi dan kebersamaan antar umat beragama, pengelola tempat wisata Museum Pusaka Nias bersama para pengurus gereja membangun mushalla untuk mempermudah umat Islam dalam menjalankan ibadahnya (21/01/2017). Pasalnya, pada perayaan paskah dan natal kemarin, umat Islam di Nias juga mendukung umat Kristiani menjalankan ibadahnya.

“Hal ini merupakan bentuk kebersamaan kami antara umat Kristiani dan umat Muslim di daerah ini. Karena sebelumnya umat Muslim juga telah membantu kami pada perayaan paskah dan natal kemarin dalam menjalankan ibadah kami. Sehingga kami merasa tenang pada waktu itu. Kami harap umat Muslim tidak kesulitan lagi ketika ingin beribadah saat mengunjungi tempat wisata ini,” ucap salah seorang tokoh gereja, Pdt. Fatosokhi Gea, S.Th,  (20/01/2017).

Sementara, umat Islam mengaku bangga dan memberi apresiasi atas pembangunan rumah ibadah tersebut sebagai wujud bukti kerukunan antar umat beragama yang ada di Pulau Nias, khususnya di daerah kota Gunungsitoli tempat lokasi Museum Pusaka Nias.

Disisi lain tokoh muda Islam Ilham Mendrofa menjelaskan, “Apa yang dilakukan hari ini sebagai wujud toleransi yang nyata. Bukan sekedar ucapan saja melainkan bukti nyata kita hidup berdampingan dengan kedamaian saling menghargai antar umat beragama”.

Diakhir wawancara, Ilham mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, khususnya umat Kristiani atas dukungannya kepada umat Islam..

Usai peresmian rumah ibadah, acara dilanjutkan dengan diskusi tematis antara umat Islam dan umat Kristiani.

Kegiatan ini dihadiri oleh pemilik Yayasan Museum Pusaka Nias, Ketua MUI Kota Gunungsitoli, pengurus NU dan Muhammadiyah, pengurus Masjid se-Kota Gunungsitoli, pengurus beberapa Gereja se-Kota Gunungsitoli, dan perwakilan dari Polres Nias.

(Edward Lahagu)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments