Sabtu, Mei 8, 2021
BerandaMembangun Minat Baca Siswa SDN Rum Dengan Taman Baca
Array

Membangun Minat Baca Siswa SDN Rum Dengan Taman Baca

Taman Baca SDN Rum Kota Tidore Kepulauan

Fakta Pers – Tidore

Membaca merupakan salah satu cara untuk memperkaya wawasan. Bahkan, Rasulullah SAW sebagimana di kisahkan dalam Al-qur’an, Beliau menerima Wahyu pertama berupa Iqra (Bacahlah). Dengan demikian, membaca tentunya dapat berpengaruh besar bagi setiap individu. Hal inilah yang mendorong Kepala Sekolah SDN Rum, Irwan Muhammad memanfaatkan pekarangan di lokasi sekolahnya untuk membangun  Taman Baca bagi para siswa/siswi di Sekolah tersebut.

Ditemui di Ruang kerjanya, SDN Rum, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Irwan mengaku melakukan program belajar berupa Taman Baca tersebut, sebagai upaya memotivasi para siswa agar lebih meningkatkan semangat membaca. “sementara lagi dibangun tiga tempat, satunya suda bisa dipakai. Taman Baca yang dibuat ini tujuannya untuk memotivasi anak- anak agar semangat membaca lebih tinggi lagi,” kata Irwan kepada wartawan Fakta Pers, Senin (9/1).

Lebih lanjut, kata Irwan, Selain belajar di dalam kelas, ketika jam Istirahat atau tidak ada guru, mereka (para siswa, Red)  bisa ke taman belajar dan membaca.  Dengan begitu, dapat terciptanya kenyamanan belajar yang lebih baik. Serta dapa meningkatkan minat membaca bagi para siswa sejak dini.

“Membaca seharusnya ditradisikan sejak dini, melalui cara yang dilakukan seperti ini, maka siswa akan semakin dekat dengan buku. Dengan begitu, siswa akan terlatih untuk menikmati membaca.” Jelasnya.

Diketahui, Taman Baca yang ada, telah disediakan berbagai jenis buku pengetahuan, baik umum maupun buku pelajaran, bahkan disediakan juga bacaan berupakan koran guna menambah khasanah informasi bagi siswa dan guru.

“Jadi, saya berharap agar program Taman Baca ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa maupun guru dalam menambah wawasan pengetahuan,” harapnya.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments