oleh

Tim Saber Pungli Tidore Terbentuk

-Daerah-290 views
Walikota Ali Ibrahim saat mengukuhkan Satgas Saber Pungli Kota Tidore Kepulauan.

FAKTA PERS – TIDORE

Sebanyak 46 orang dikukuhkan sebagai team Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kota Tidore Kepulauan. Acara pengukuhan dilakukan oleh Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Jumat (13/1).

Dalam sambutannya, Walikota mengatakan, pembentukan Satgas Saber Pungli ini merupakan kepedulian negara dalam menjadikan pemerintahan yang bersih. Pemerintah Kota Tidore bersama lembaga terkait di daerah ini, telah bertekad untuk mendukung program yang telah diamanahkan Bapak Presiden Jokowi dalam memberantas praktik-praktik pungutan yang tidak resmi yang sering terjadi. “Sebab, Pemkot Tikep juga memiliki komitmen penuh dalam pemberatasan praktek dan perilaku pungutan liar di Kota Tidore,” kata Walikota.

Selain itu, Satgas ini menurut Walikota sebagai jawaban Pemerintah atas keluhan dari masyarakat terkait, terhambatnya proses pelayanan publik karena terjadinya pungutan  liar, utamanya di instansi  pemerintahan dan tempat-tempat umum lainnya.

“Hadirnya Satgas Saber Pungli ini guna memberikan daya dorong bagi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam memberantas Pungli”, ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ali Ibrahim juga mengajak semua yang hadir dalam pengukuhan tersebut, untuk bergegas bergerak. “Bapak Presiden Republik Indonesia telah mengingatkan bahwa satu minggu setelah dikeluarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Satgas sudah harus bekerja,” himbaunya.

Lanjut Walikota, Kita semuanya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan diperlukan waktu untuk menyempurnakan berbagai hal, namun hal itu tidak boleh menjadi alasan bagi kita untuk tidak mulai bekerja. Kepada Satgas Saber Pungli yang baru dilantik agar segera melaksanakan tugas-tugas pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien.

Untuk diketahui, 46 Satgas Saber Pungli tersebut, terdiri dari gabungan perwakilan Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Daerah, TNI, Kepolisian Resort, Kejaksaan Negeri, dan Perguruan Tinggi. Sementara untuk Satgas Saber Pungli yang dilantik sebagai Ketua Pelaksana yaitu Wakil Kepala Polres Tidore, Kompol. Rudi Saeful Hadi. Sementara Satgas Saber Pungli ini terbagi menjadi empat Bidang dan empat Unit. Empat Bidang diantaranya; Bidang Operasional, Bidang Umum, Bidang Logistik dan Bidang Keuangan. Sementara untuk Unit diantaranya; Unit Intel, Unit Cegah, Unit Tindak, dan Unit Yustisi.

Turut hadir pada acara itu, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah.

(ss)

Komentar

News Feed