oleh

Hingga Kini Sistem E-Tilang Belum Difungsikan

-Daerah-253 views
Kasat Lantas Polres Tidore AKP Subhan

FAKTA PERS – TIDORE.

Hingga kini penerapan sistem tilang elektronik atau lebih dikenal dengan E-Tilang belum juga difungsikan. Pasalnya, sistem pendukung berupa rekening kontrol antara Pengadialan, Kejaksaan, maupun BRI belum tersinkron.

“Aplikasi dan MoU sudah ditandatangani antara kami selaku satuan lalulintas, bersama dengan Pak Kapolres, Pak Kejari, Ibu Ketua Pengadilan dan dari Pihak BRI. Yang menghambat sehingga belum bisa dijalankan adalah nomor rekening kontrol antara Pengadilan, Kejaksaan, maupun BRI,” kata Kasat Lantas Polres Tidore AKP Subhan saat ditemui Fakta Pers di Polsek Tidore beberapa waktu lalu.

Bahkan, menurut Kasat, rekening kontrol yang juga sebagai salah satu fungsi menjalankan E-Tilang tersebut, bukan hanya terkendala di Kota Tidore melainkan seluruh Kabupaten atau Kota di Maluku Utara.

“Kendala yang dialami ini bukan hanya terjadi di Kota Tidore saja tapi kemungkinan di seluruh Maluku Utara. Karena dari Kepolisian hanya melaksanakan tilang, sementara untuk mengontrol pembayaran dari hasil tilang yang dibayar masyarakat saat mendapatkan blangko tilang dilakukan oleh pihak Pengadilan dan Kejaksaan,” jelas Subhan.

Lanjutnya, bilamana sudah dilakukan sinkron dari nomor rekening pengontrol, maka akan dilakukan tilang online.

“Sekarang belum bisa dipastikan kapan diberlakukan E-tilang karena kita masih menunggu terkait dilakukan sinkron nomor rekening pengontrol, oleh sebab itu, perintah dari pak Dirlantas dilakukan tilang manual. Dan sekarang kita lagi laksanakan setiap hari,” tutupnya.

(Ss)

Komentar

News Feed