Kamis, Juni 17, 2021
BerandaKabupaten Muara Enim Menjadi Tuan Rumah Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan
Array

Kabupaten Muara Enim Menjadi Tuan Rumah Sosialisasi Layanan Kewarganegaraan

 

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Sosialisasi layanan kewarganegaraan berlangsung di ruang Ball Room Grand Zuri Hotel Muara Enim, Selasa (14/2/17).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan DR. H. Sudirman D Hurry SH, MM,M.Sc, Bupati Muara Enim Ir. H Muzakir Sai Sohar, Wakil Bupati H Nurul Aman SH, Kakan Imigrasi Kelas II Muara Enim Telmaizul Syatri.SE.Msi, Kajari Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano SH MH, Waka Polres Kompol Aidil KasDim 0404 Muara Enim, Kepala Pengadilan Negeri, para SKPD Kabupaten Muara Enim, para Camat se-Kabupaten Muara Enim, serta para peserta lainnya.

Dalam Sambutanya Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar  menyampaikan, “Kabupaten Muara Enim sendiri peduli akan kehidupan Hukum dan HAM, serta sudah  terwujud mendapat  reward dengan penghargaan Kabupaten Peduli Hukum dan HAM dari Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2016, dan ditetapkan Desa Sadar Hukum yaitu Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim.

Pemkab mengapresiasi inovasi pendaftaran status kewarganegaraan yang kini secara online dilakukan Kemenkum HAM RI, sehingga mempermudah warga negara di manapun mendaftarkan status kewarganegaraan secara transparan dan tepat waktu.

“Diharapkan melalui sosialisasi ini bisa menambah wawasan secara umum bagi masyarakat Muara Enim dan bagi para peserta,” ujar Muzakir.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Hukum HAM wilayah Sumsel, DR. H. Sudirman D. Hury, SH, MM,M.Sc mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim telah mendukung sosialisasi ini.

Dipilihnya Kabupaten Muara Enim sebagai tuan rumah sosialisasi kewarganegaraan karena menurutnya Kabupaten Muara Enim memiliki wilayah yang luas sebagai kabupaten tua, dan memiliki jangkauan luas pada Kantor Imigrasi.

Melalui sosialisasi diharapkan peserta bisa jadi konsultan kewarganegaraan dengan memahami bahwa warga negara dimata undang-undang memperoleh kepastian hukum atas status kewarganegaraan.

Dalam kegiatan satu hari ini diikuti 86 peserta berasal dari unsur-unsur Disnakertrans, Disdukcapil , Badan Kesatuan Bangsa Politik, Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Tanjung Agung, Polri, TNI, dan Imigrasi.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments