Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaPT Bukit Asam Persero Tbk. Tanjung Enim Mewujudkan Harapan Masyarakat di Bara...
Array

PT Bukit Asam Persero Tbk. Tanjung Enim Mewujudkan Harapan Masyarakat di Bara Lestari

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

PT Bukit Asam Persero Tbk. Tanjung Enim mewujudkan harapan masyarakat di Bara Lestari I dan II yang merupakan eks relokasi pemukiman penduduk di bibir tambang PT. BA wilayah Bukit Munggu dan Atas Dapur Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Penyerahan 637 Akta Tanah berlangsung di kompleks Perumahan Bara Lestari Desa Keban Agung dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ir. H Muzakir Sai Sohar, Ketua DPRD Aries HB, Kajari Muara Enim Adhyaksa Darma Yuliano, SH M.H, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Jamaludin, dan Wakapolres Muara Enim  Kompol M Adil serta unsur Tripika Kecamatan Lawang Kidul, Selasa (7/2/17).

Direktur Umum dan SDM PT. Bukit Asam Persero Tbk. Suryo Eko Hadianto dalam sambutannya mengatakan, “Managemen PT. BA menyerahkan surat pengalihan hak kepada seluruh penduduk yang bermukim di Bara Lestari yang Notabene adalah penduduk yang tinggal disekitar bibir pertambangan PT. BA, selain memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, tentu kita memberikan nilai kepada mereka sehingga dengan akta ini dapat dijadikan tuk peluang usaha serta meningkatkan hak hidup layak huni dengan memberikan hak yang sah dimata hukum,” Jelasnya.

Selanjutnya, “Dilokasi yang akan ditempati masyarakat ini juga akan dibangun sarana betonisasi jalan masuk, fasilitas sosial berupa Masjid dan Paud yang akan dilakukan peletakan batu pertama di lokasi Bara Lestari ini, serta sebagai wujud komitmen bersama untuk menciptakan Tanjung Enim sebagai Kota Wisata maka pada hari ini juga kita akan memasang lampu tanda  tanda dimulainya perwujudan komitmen tersebut, Kami ingin Tanjung Enim ada Gapura ciri khas khusus kota Tanjung Enim,” jelas Suryo Eko.

Sementara itu Bupati Muara Enim Ir.H Muzakir Sai Sohar menjelaskan dalam Pidatonya,” Atas nama Kepala Daerah sangat mengapresiasi kepada PTBA yang memiliki kepekaan kepedulian terhadap lingkungan.

“Adalah tidak layak jika ada masyarakat  yamg bermukim di sekitar tambang karena banyak resiko,” katanya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar pada saat membangun dapat memperhatikan jalan umum agar tidak menjadi sempit sehingga memudahkan transportasi yang hilir mudik di jalur jalan umum.

Selanjutnya, Muzakir mengajak dalam hal toleransi umat beragama diharapkan adanya pembangunan sarana Ibadah, Pasar, dan sarana lainnya sehingga sesuai dengan namanya Bara Lestari.

Kepada masyarakat  saya ucapkan selamat memiliki sarana ini karena bisa saja Bara lestari ini dapat menjadi kelurahan kedepannya sesuai dengan kondisi yang mendukung, karena kemungkinan Tanjung Enim untuk  menjadi Kota dapat saja terwujud dikemudian waktu nanti,” pungkasnya.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments