oleh

Rayakan Hari Valentine, Aksi Ciuman Massal PNS di Nias Selatan Menuai Kecaman Publik, Tiru Budaya Barat?

-Daerah-230 views

FAKTA PERS – NIAS.

Pengaruh budaya barat di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Seperti diketahui, budaya barat cenderung bebas dan tidak memiliki aturan, bahkan tak jarang menabrak norma dan moral yang berlaku di masyarakat timur, khususnya Indonesia. Namun, sungguh ironis hal demikian terjadi juga di Kabupaten Nias Selatan.

Para Pegawai Negeri Sipil di Kantor Lingkungan Hidup, Nias Selatan, melakukan aksi ciuman massal pada Selasa, 14 Februari 2017, dalam rangka merayakan hari kasih sayang atau biasa disebut Hari Valentine.

Foto-foto adegan ciuman massal dalam perayaan hari Valentine tersebut kini menjadi viral di media sosial. Foto itu pertama kali dibagikan oleh akun Triteria W Saroemaha melalui Facebook.

Akun Triteria W Saroemaha dalam status facebooknya menulis aksi ciuman massal ini terjadi di Kantor Lingkungan Hidup, Nias Selatan, 14 Februari 2017. “Acara kejutan dari kantor lingkungan hidup di hari Valentine day. Pak bupati dan nyonya membagi bunga buat ASN & PNS. Happy valentine day buat pak bupati dan nyonya ya happy valentine day buat abang Amsarno Sarumaha dan kaka Lisrica Hura,” tulis Triteria dalam akunnya sembari memposting sejumlah foto PNS yang tengah berciuman dengan mamakai pakaian dinas.

Namun, rupanya Triteria tidak menyangka postingannya akan menjadi viral dan kontroversial, sebab setelah ditelusuri postingannya sudah tidak ada atau dihapus. Kendati demikian, postingan tersebut sudah terlanjur dibagikan dan menyebar di media sosial.

Tak sedikit netizen yang mengecam perbuatan PNS di Nias Selatan tersebut karena tidak sesuai dengan adat timur yang dinilai selalu menjaga moral yang berbeda dengan budaya barat.

Salah satunya akun Facebok Zack Laia. “Sungguh sangat memprihatinkan, Oknum PNS di lingkungan Pemda Nias selatan Merayakan Valentine dengan cara seperti pada gambar di bawah ini. Seharusnya yang perlu diangkat adalah Nilai-nilai luhur Budaya Nisel yang sangat baik, bukan malah budaya Eropa yang memalukan seperti ini. Salam MJS : Mencium Jangan Sembarangan. Acara Valentine ini dilaksanakan di halaman kantor bupati Nisel dan disaksikan oleh Bupati dan Istri, sekda dan beberapa pejabat teras Pemda Nisel,” demikian tulis Zack dalam statusnya.

Meski belum diketahui apakah pasangan yang beradegan ciuman itu pasangan suami istri. Namun, tetap tidak dibenarkan ciuman di tempat umum dilakukan, apalagi oleh PNS yang seharusnya memberi contoh yang baik.

Status Facebook Zack Lia yang disertai beberapa foto PNS Ciuman dan diunggah 18 Februari ini sudah dibagikan dan dikomentari ribuan facebooker. Banyak netizen tidak menyangka hal tersebut terjadi di Indonesia yang berbudaya timur, banyak pula komentar-komentar yang mengecam aksi ciuman ini.

Akun Rita Permatasary mengecam adegan ciuman massal di tempat umum. “Gak ada lagi budaya timur, shame on you,” kecamnya.

“Salah kaprah. Termakan budaya barat,” tulis akun Rafa Tuyog.

Netizen bernama Ranesa Palu berkomentar, “sungguh contoh yang gak baik buat anak-anak di bawah umur”.

Di Twitter, akun @ap_dadang menyesalkan adanya aksi tak bermoral itu. Dia berharap instansi terkait menindaknya dengan tegas. “Na’udzubillah.. Tolong ditindak. Cc.@Kemendagri_ RI @kempanrb @asmanabnur2016,” cuitnya, menautkan akun Kemendagri, KemenPAN RB dan Menteu Asman Abnur.

Akun @sholehachmad36 bertanya sambil menyindir. “Apakah ini yang disebut Revolusi mental?” cuitnya, disambut @BanyHolil. “Astaghfirullah.. Memalukan! PNS Nias Selatan lakukan aksi ciuman massal di depan publik,” kicaunya.

(Umar S)

Komentar

News Feed