Rabu, Juni 16, 2021
BerandaWalikota Tidore Buka Kegiatan LPPD dan LKPJ
Array

Walikota Tidore Buka Kegiatan LPPD dan LKPJ

Walikota Ali Ibrahim saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Assistensi Penyusunan LPPD dan LKPJ Tahun 2016.

FAKTA PERS – TIDORE.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH pada Kamis (9/2) membuka secara resmi kegiatan Assistensi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2016 bertempat di Aula SMK Negeri 1 Tidore. Acara tersebut, diikuti sebanyak 46 Peserta dari Seluruh SKPD yang ada di Kota Tidore.

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim mengatakan bahwa, LPPD dan LKPJ Kepala Daerah memiliki ketentuan dan sanksi yang jelas dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Untuk itu, disampaikan kepada seluruh pimpinan SKPD untuk berperan aktif memberikan data-data yang diperlukan, memberikan arahan dan pendampingan kepada Tim Penyusun Laporan Pelaksanaan Tugas (LPT) SKPD, serta membangun koordinasi dan komunikasi dengan Bagian Pemerintahan, demi terwujudnya penyusunan LPPD dan LKPJ yang berkualitas.

Dikatakan, Keberhasilan penyusunan LPPD dan LKPJ sangat tergantung pada suplay data serta kemampuan Tim Penyusun LPT pada masing-masing SKPD. Sebagaimana diketahui, Laporan LPPD dan LKPJ Kepala Daerah telah menjadi agenda rutin disetiap akhir tahun anggaran. LPPD dan LKPJ disusun berdasarkan amanah yang tertuang dalam Pasal 69 ayat 1, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 tahun 2007 tentang LPPD Kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan Informasi LPPD kepada masyarakat.

Ruang lingkup materi LPPD dan LKPJ mencakup Visi, Misi, Strategi, Arah Kebijakan Daerah, Prioritas Daerah, Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan, Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah, Penyelenggaraan Tugas Pembantuan dan Penyelenggaraan Tugas Umum  Pemerintahan, yang pada dasarnya LPPD dan LKPJ adalah laporan atas pelaksanaan tugas Walikota selama kurun waktu 1 tahun.

“Penyusunan LPPD dan LKPJ tentu akan memberikan gambaran utuh tentang pelaksanaan tugas pemerintahan selama satu tahun anggaran. Oleh karena itu, kebutuhan terkait data-data yang diperlukan dalam penyusunan laporan harus diperhatikan dengan baik oleh SKPD terkait”, ujar Walikota.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara kegiatan, Ridwan Halil dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan peyelenggaraan kegiatan Assistensi ini guna memberikan pemahaman tentang cara pengisian indikator kinerja kunci dan kelengkapan dokumen pendukung laporan. Melakukan evaluasi dan memberikan pemahaman terhadap penyusunan LPT pada masing-masing SKPD. Melakukan sinkronisasi data-data penyusunan LPPD dan LKPJ Walikota Tidore Kepulauan Tahun 2016.

Kegiatan Assistensi Penyusunan LPPD dan LKPJ  berlangsung selama satu hari dan diikuti sebanyak 46 Peserta dari Seluruh SKPD yang ada di Kota Tidore. Serta menghadirkan narasumber Kepala Seksi Wilayah IA Subdit Wilayah I, Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Parlin Jumanti. Turut hadir, Pimpinan SKPD, serta para Camat se Kota Tidore Kepulauan.

(ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments