Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaBupati Muara Enim Menilai Kegiatan Musrenbang Sangat Penting Untuk Pembangunan Daerah
Array

Bupati Muara Enim Menilai Kegiatan Musrenbang Sangat Penting Untuk Pembangunan Daerah

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2018 berlangsung di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Muara Enim, Selasa (14/03).

Dalam Kegiatan Musrenbang yang bertemakan ‘Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Kesejahteraan Rakyat’ ini dihadiri oleh Direktur Daerah Tertinggal, Transmigrasi dan Perdesaan Bappenas RI Sumedi Andono Mulya, Direktur Perencanaan, Evaluasi dan Informmasi Pembangunan Daerah Kemendagri Muhammad Hudori dan Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan Ekowati Retnaningsih, Unsur FKPD, Kepala SKPD, dan ratusan peserta lainnya,

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya menilai kegiatan ini sangat penting untuk pembangunan daerah. “Pelaksanaan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2018 adalah kegiatan yang sangat penting untuk kelanjutan pembangunan di Muara Enim”, ujarnya.

Muzakir menjelaskan pelaksanaan Musrenbang Kabupaten dilaksanakan melalui proses perencanaan dari Desa atau Kelurahan, Kecamatan hingga forum Perangkat Daerah. Usulan program dan kegiatan tahun 2018 ini telah disampaikan oleh kepala perangkat daerah, baik dari hasil Musrenbang Desa dan Kecamatan maupun hasil reses Anggota Dewan.

Selanjutnya usulan ini akan dibahas kembali oleh tim anggaran pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim dengan mempertimbangkan prioritas pembangunan dan kemampuan keuangan daerah. Untuk program prioritas yang memerlukan sinkronisasi, koordinasi dan konsultasi dengan Pemprov Sumsel dan kementerian atau Lembaga akan diselaraskan sebelum Musrenbangnas. Adapun program prioritas yang dimaksud adalah pengembangan ekonomi lokal.

” Berkembangnya perekonomian lokal tentu akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”  ungkap Muzakir.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments