Jumat, Mei 7, 2021
BerandaKabupaten Muara Enim Peringati HUT Damkar Ke-98
Array

Kabupaten Muara Enim Peringati HUT Damkar Ke-98

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Upacara Peringatan HUT Damkar ke 98 berlangsung di halaman  Pemkab Muara Enim, Senin (06/03/2017). Upacara ini diikuti ratusan peserta yang terdiri dari personel Dinas Pemadam Kebakaran Muara Enim, Tim pemadam dari perusahaan-perusahaan se-Kabupaten Muara Enim, Polri dan TNI serta pelajar.

Hadir dalam upacara tersebut, Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan S.Ik., M.Si., Danyon 141 Muara Enim, unsur Muspida dan Kepala Dinas di lingkup Pemerintahan Kabupaten Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, “Jumlah kendaraan dinas mobil pemadam kebakaran (damkar) yang ada di Kabupaten Muara Enim sangatlah minim, yang mana Kabupaten Muara Enim terdapat 20 kecamatan. Idealnya dalam satu Kecamatan itu terdapat satu mobil Damkar, maka dari pada itu saat ini fasiltas tersebut akan diupayakan terus ditambah. Namun tidak bisa dilakukan sekaligus, tetapi secara bertahap kita lengkapi”.

“Dalam penanganan bencana kebakaran sendiri adalah tanggung jawab bersama antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Maka dari pada itu sangatlah diperlukan persiapan khusus seperti personel serta fasilitas pendukung untuk memudahkan dan mempercepat proses pemadaman api tersebut. Akan tetapi, kami menyadari akibat kondisi keuangan daerah yang terbatas membuat rencana penambahan mobil damkar terkendala, mengingat semua program yang ada sudah teranggarkan”, jelasnya lagi.

Muzakir mengimbau kepada seluruh personel tim kebakaran di dinas dan perusahaan untuk menjadikan hal ini sebagai momentum selalu siap bekerja dalam memberikan pelayanan, pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya. Selain itu, dia juga meminta petugas damkar untuk selalu siap siaga selama 24 jam sebagai upaya responsif jika terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Dengan mengangkat tema “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya” dalam HUT Damkar ke-98 ini, sejumlah petugas pemadam kebakaran mempertunjukan simulasi pemadaman yang dilakukan oleh tim pemadam gabungan dinas dan perusahaan. Petugas Damkar mempraktekkan kerja dengan bertindak cepat untuk meminimalisir korban serta kerugian terhadap bencana kebakaran.

(Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments