Sabtu, Juli 31, 2021
BerandaSTKIP dan IAI As-Siddiq Kie Raha Ternate Buka Penerimaan Mahasiswa Baru
Array

STKIP dan IAI As-Siddiq Kie Raha Ternate Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Gedung Putih Kampus STKIP Kie Raha Ternate Malut

FAKTA PERS – TERNATE.

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Institut Agama Islam As-siddiq Kie Raha Ternate Provinsi Maluku Utara pada tahun 2017 ini kembali membuka penerimaan mahasiswa baru.

Menurut ketua Panitia Penerimaan mahasiswa Baru (Penmaru) STKIP dan IAI As-siddiq Kie Raha Ternate, Dahri Hi. Halek, M.Pd Dahri saat di temui Fakta Pers di ruang kerjanya pada jumat (17/3) siang mengatakan bahwa, penerimaan mahasiswa baru STKIP maupun As-siddiq Kie Raha Ternate periode 2017/2018 ini dibuka menjadi dua gelombang.

“Jadi untuk gelombang I di mulai tanggal 13 Maret – 28 Juni 2017 dan untuk gelombang II pada tanggal 7 Juli – 7 Agustus 2017. Sedangkan untuk tes penerimaan mahasiswa baru, gelombang I dimulai tanggal 30 Juni 2017 pukul 08.00 WIT dan gelombang II tanggal 10 Agustus 2017, pukul 08.00 WIT.” Jelas Dahri.

Lebih lanjut, Dahri mengatakan, untuk melakukan pendaftaran, baik itu di STKIP maupun IAI As-siddiq  Kie Raha Ternate, calon mahasiswa diharuskan mengambil formulir pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp 50.000, kemudian mengisi formulir pendaftaran sesuai arahan panitia.

Sebelum melakukan pendaftaran, calon mahasiswa diminta menyiapkan berkas berupa foto copy ijazah legalisir 3 lembar, pas foto 3×4 sebanyak 4 lembar (hitam putih), pas foto 2×3 sebanyak 3 lembar (warna), foto copy transkip nilai 3 lembar (untuk D1, D2, dan D3 bagi mahasiswa yang melanjutkan studi ke S1), bagi siswa SMA yang belum mendengarkan hasil kelulusan bisa membuat keterangan dari sekolah masing-masing, dan untuk profesi guru negeri/swasta menyiapkan foto copy SK terakhir.

Setelah itu, mahasiswa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 di Bank BTN. Namun demikian, menurut Dahri, untuk calon mahasiswa baru yang berprestasi saat bersekolah dibebaskan dari biaya seleksi.

“Di sini kami tawarkan bagi lulusan SMA yang memiliki prestasi berupa peringkat 5 besar di kelas dalam bidang akademik, kami bebaskan biaya tes seleksi penmaru. Yang penting bersangkutan menunjukan salinan raport dari kelas 1 – 3 serta rekomendasi dari sekolah asal pada waktu pendaftaran. Selain itu, ada juga beasiswa yang ditawarkan seperti Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa Pemerintah Provinsi, Beasiswa prestasi (PPA) (Kopertis XII).” Jelasnya.

Selanjutnya, calon mahasiswa baru mengembalikan formulir pendaftaran ke Panitia dengan membawa serta bukti pembayaran yang asli dan foto copy, serta foto copy kwitansi pengambilan formulir ke sekertariat Penmaru Gedung C Kampus STKIP Kie Raha Ternate.

Dahri juga menambahkan, kampus STKIP maupun As-siddiq telah memiliki program studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Diantaranya, 10 program studi untuk STKIP Kie Raha Ternate masing-masing S1 Pendidikan Ekonomi, Sejarah, Geografi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Matematika, Fisika, Guru Sekolah Dasar, dan Olahraga.

Sementara untuk As-Siddiq memiliki 8 program studi terakreditasi terdiri dari Fakultas Tarbiyah berupa S1 PGA Raudahtul Athfal, S1 PAI, S1 menajemen pendidikan Islam, S1 bimbingan konseling Islam. Fakultas Ekonomi Islam dengan S1 ekonomi syariah, S1 perbankan Islam. Serta Fakultas Adab meliputu S1 sosiologi agama, S1 sejarah kebudayan Islam. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments