oleh

BMKG Minta Malang Raya Waspada Cuaca Ekstrim

-Daerah-412 views
Foto : Alat deteksi cuaca BMKG Karangploso, Malang, Jawa Timur.

FAKTA PERS – MALANG.

Cuaca ekstrim yang melanda Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu Jawa Timur, akhir-akhir ini sangat sering terjadi. Hujan deras yang sering terjadi tersebut terang saja mengakibatkan banjir dan bencana longsor.

Dalam hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Karangploso, Malang, memprediksi hujan akan terjadi hingga pertengahan Mei.

Kepala BMKG, Joko Budi, mengatakan, hujan yang terjadi akhir-akhir ini karena adanya gangguan atmosfer berupa pusat tekanan rendah di Selatan Jawa dan pusat tekanan rendah tersebut menjadi siklon tropis. Hal tersebut menyebabkan konvergensi angin sehingga mudah membentuk awan-awan yang berpotensi hujan lebat disertai angin.

“Prakiraan musim kemarau untuk Malang Raya sekitar awal sampai pertengahan bulan Mei,” kata dia, Selasa (11/04/2017).

Sementara, pihaknya meminta masyarakat tetap waspada terhadap terjadinya hujan lebat disertai angin. Dan, semua pihak yang terkait juga dimintanya untuk lebih waspada dalam cuaca ekstrim seperti ini.
Ditegaskannya, terutam masyarakat di daerah pegunungan supaya waspada akan terjadinya bencana longsor, karena kondisi tanahnya sudah jenuh oleh air.

“Tanah jenuh akibat akumulasi curah hujan yang tinggi,” pungkas dia.

(Putut)

Komentar

News Feed