Rabu, Maret 3, 2021
Beranda Bupati Malang Rendra Kresna: Semua Unsur Harus Tanggap dan Siaga Terhadap Bencana
Array

Bupati Malang Rendra Kresna: Semua Unsur Harus Tanggap dan Siaga Terhadap Bencana

Bupati Malang H. Rendra Kresna, Dandim 0818, BPBD Kabupaten Malang, dan pejabat Muspida Kabupaten Malang memeriksa alat kesiapsiagaan bencana.

FAKTA PERS – MALANG.

Dilihat dari letak geografis, Kabupaten Malang, Jawa Timur berada di posisi tengah yang dikelilingi pegunungan dan pantai. Dengan demikian, daerah ini sangat rawan terjadinya bencana, terutama longsor akibat cuaca ekstrim dan gempa bumi. Demikian dikatakan Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Malang, Bagio Setiyono.

“Bencana yang terjadi itu sebenarnya bukan saja tanggung jawab pemerintah, BPBD, TNI, tetapi tanggung jawab kita semua,” tambahnya, Kamis (06/04/2017), saat ditemui di apel latihan penanggulangan bencana di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

“Dalam kurun waktu 3 bulan ini, kalau diamati di wilayah Kabupaten Malang sudah terjadi 72 kali kejadian bencana alam yang berkaitan dengan cuaca yaitu longsor dan banjir,” lanjutnya lagi

Secara terpisah, Bupati Malang H. Rendra Kresna, mengungkapkan, wilayah Kabupaten Malang ini dari bawah maupun atas sebenarnya rawan terjadinya bencana. Untuk itu, semua harus memiliki gerak reflek bagaimana cara menanggulangi bencana.

“Yang jelas, harus ada gerak reflek yang terlatih bagaimana kesiapsiagaan, dari masyarakat itu bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadinya bencana,” ujar Bupati.

Disinggung soal anggaran bencana, Rendra menegaskan, untuk anggaran pihak BPBD sudah menganggarkan, meski demikian kalau terjadi bencana semua unsur dan masyarakat sendiri bisa dilibatkan untuk mengatasinya.

“Jadi, semua unsur harus siaga bila terjadi bencana. Dan 378 desa yang ada di Kabupaten Malang sudah memjadi desa siaga bencana,” pungkas dia.

(Putut P)

Most Popular

Recent Comments