Selasa, Juli 27, 2021
BerandaDiduga Longsor dari Kedalaman, Rumah Warga Tanjung Agung Amblas Rata dengan Tanah
Array

Diduga Longsor dari Kedalaman, Rumah Warga Tanjung Agung Amblas Rata dengan Tanah

Rumah Alamsyah, warga Desa Tanjung Agung yang ambruk total.

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Sebuah rumah milik Alamsyah, warga Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim ambruk total dan rata dengan tanah pada Jum’at (21/4). Kejadian ini bermula sekira pukul 23.00 WIB, ketika kondisi cuaca sehabis hujan deras.

Siska (19), anak dari Alamsyah yang pada saat itu sedang berada di dalam rumah bersama nenek dan dua adiknya melihat dinding rumahnya retak, kemudian dia keluar rumah memberi tahukan tetangga dan melaporkan kejadian tersebut ke Kepala Dusun.

“Saat hujan reda kami lagi di dalam rumah bersama nenek dan dua adik saya. Melihat lemari pakaian bergerak gerak dan miring saya kaget dan membangunkan adik-adik juga nenek, Bapak dan ibu kami pada saat itu bermalam di kebun kami, kemudian saya keluar rumah saya segera meminta tolong kepada tetangga dan melaporkannya ke Kadus,” ujar Siska.

Sementara itu, dari hasil pantauan Fakta Pers di lapangan dan dari keterangan Yusri selaku Kadus 3 Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Sabtu 22/4 mengatakan, “Setelah menerima laporan saya langsung memberitahukah ke Ibu Kades yang kemudian menuju lokasi untuk mengambil tindakan serta berkoordinasi dengan pihak PLN guna melepas jalur kabel listrik yang mengarah ke rumah milik  Alamsyah sebelum ambruk,”

“Kemudian di siang harinya kami bergotong-royong dengan warga sekitar untuk segera membongkar rumah tersebut. Tapi sayang, baru saja kami memulai membongkar atap serta mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam rumah yang tujuannya untuk mengurangi beban, tanah terus bergerak. Tiba0-tiba rumah ini amblas dan ambruk seperti masuk ke dalam bumi. Alhamdulillah barang-barang di dalam rumah sudah dikeluarkan dan tidak ada warga yang tertimpa ataupun celaka,” jelas Yusri.

Kepala Desa Tanjung Agung Dwi Aprianti ketika ditemui Fakta Pers di lokasi mengatakan, “Ketika mendapat kabar dari warga dan laporan dari Kadus 3, kami langsung berkoordinasi dan saya memerintahkan Kadus 3 untuk membantu warga yang terkena musibah tersebut. Rumah yang ambruk ini diperkirakan karena terjadi longsor di dalam tanah di sekitar lokasi rumah tersebut.”

Rumah Gunawan, warga Desa Tanjung Agung yang terancam ambruk.

“Kami segera meminta bantuan dengan warga yang lain untuk mengevakuasi para warga yang berada disekitar lokasi, serta menyelamatkan barang-barang milik mereka. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya satu rumah yang ambruk total dan rata dengan tanah. Tak hanya itu satu rumah lagi milik yang bernama Gunawan berlokasi Dusun 2 juga sudah miring dan atapnya sudah mulai berjatuhan. Kemudian kami meninjau dan menghimbau kepada warga yang berada sekitaran lokasi yang tampak tanahnya terlihat sudah retak puluhan meter di sepanjang perumahan warga Kampung 3 guna mengantisipasi, kalau-kalau terjadi pergerakan tanah kembali dan mengakibatkan longsor lanjutan yang dapat mengakibatkan bahaya lebih lagi.” ungkapnya. (Ahmad Sukri)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments