Senin, September 20, 2021
BerandaDinkes Provinsi Maluku Utara Gelar Sosialisasi Gema Cermat
Array

Dinkes Provinsi Maluku Utara Gelar Sosialisasi Gema Cermat

FAKTA PERA – TIDORE KEPULAUAN.

Dalam rangka mencerdaskan masyarakat terkait penggunaan obat yang baik, Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara serta Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan pada Jumat (21/4) melakukan kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat).

Bertempat di Aula Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, dan dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore yang diwakili Asisten Setda Bidang Tata Pemerintahan, Drs. Ridwan Halil.

Walikota Tidore dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ridwan Halil, mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, yang telah bersedia menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) di Kota Tidore Kepulauan.

Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, merupakan salah satu gerakan pemberdayaan masyarakat dengan mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dan tepat dalam menggunakan obat-obatan yang dikonsumsi sehingga masyarakat lebih cerdas dalam memilih obat-obatan yang diperlukan terutama untuk swamedikasi.

Ridwan Halil juga berharap para peserta sosialisasi dapat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat luas sehingga masyarakat cerdas menggunakan obat dapat terwujud serta dapat menumbuhkan tekad dan membulatkan semangat kebersamaan untuk mencapai target pembangunan kesehatan tersebut kedepan sesuai visi dan misi pembangunan kesehatan, Masyarakat diharapkan dapat lebih kritis dan aktif mencari informasi tentang obat. Setidaknya masyarakat harus tahu obat apa yang diresepkan oleh dokter dan memahami cara penggunaan, penyimpanan dan pembuangan obat secara benar.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dr. Idhar Sidik Umar menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang menggunakan obat dengan benar dan cerdas agar dapat terhindar dari komplikasi obat.

Sementara itu, ketua panitia sosialiasi kegiatan, Hajar Atik Alting yang juga sebagai Kepala bidang sumber daya kesehatan Provinsi Maluku Utara, dalam laporannya menyampaikan bahwa  tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan peran serta petugas kesehatan khususnya farmasi dalam mensosalisasikan tentang cara penggunaan obat yang tepat, serta sebagai upaya meningkatkan pengetahuan ketrampilan dan kemampuan masyarakat  dalam penggunan obat secara benar.

Seusai kegiatan pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi oleh para narasumber dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI, diantaranya Bapak Candra Lesmana, S.Si. APT, Bapak Hendra Hermawan, S.Si. APT, dan Bapak Saleh Rustandi dari Pengurus pusat apoteker Indonesia, Diskusi, Interaktif, serta praktek simulasi yang dilakukan oleh apoteker.

Kegiatan Sosialisasi tersebut, diikuti sebanyak 150 orang  peserta, yang terdiri dari 106 kader kesehatan, 10 orang PTK, 3 orang Stikes Tidore, 3 orang dari Universitas Nuku, IAI Kota Tidore sebanyak 10 orang, PPNI Kota Tidore sebanyak 3 orang, perwakilan IBI Kota Tidore 3 orang, IDI Kota Tidore 3 orang , Kepala PKM dalam Kota Tidore sebanyak 3 orang, perwakilan KNPI Kota Tidore 3 orang, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tidore yang sebanyak 3 orang.

Hadir pada acara itu, SKPD Kota Tidore Kepulauan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, Kepala UPTD Instansi Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Narasumber dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Ditjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI, diantaranya Bapak Candra Lesmana, S.Si. APT, Bapak Hendra Hermawan, S.Si. APT, dan Bapak Saleh Rustandi dari Pengurus pusat apoteker Indonesia. (ss)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments