Senin, Maret 8, 2021
Beranda Dukung Perekonomian Daerah, Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi Kebijakan Usaha Kecil Menengah
Array

Dukung Perekonomian Daerah, Pemkab Muara Enim Gelar Sosialisasi Kebijakan Usaha Kecil Menengah

Para peserta sosialisasi bersama Sekda dan Kadinkop Muara Enim.

FAKTA PERS – MUARA ENIM.

Sosialisasi kebijakan tentang Usaha Kecil Menengah (UKM) Muara Enim berlangsung di Hotel Griya Serasan Sekundang, Muara Enim. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Muara Enim melalui Seketaris Daerah Muara Enim Ir. H Hasanudin M.Si.

Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Kabid UKM, Hayadi S.E., M.Si. mengatakan peserta kegiatan berjumlah 160 orang yang  terbagi menjadi dua angkatan.

“Angkatan pertama yakni 80 orang dari Staf Kecamatan se-Kabupaten Muara Enim pada tanggal 25 dan 26 April.  Kemudian angkatan kedua sebanyak 80 orang juga dari unsur UKM pada 27 dan 28 April”, ujarnya.

Hayadi juga mengungkapkan dana kegiatan ini diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) tahun 2017.

“Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini terdiri dari Dinas Koperasi dan UKM Sumatra Selatan, Manager Jamkrida Jakarta, Bappeda Muara Enim dan Direktur Umum Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Muara Enim”, jelas Hayadi.

Sementara itu, kata sambutan Bupati Muara Enim Ir. H. Muzakir Sai Sohar yang disampaikan oleh Sekda Muara Enim mengatakan UKM merupakan kekuatan perekonomian daerah.

Namun, menurutnya banyak UKM yang ada saat ini sulit berkembang sehingga tergerus karena kesulitan mendapatkan modal.

Untuk itu, melalui kegiatan ini, dirinya berharap agar UKM dapat mengetahui cara mendapatkan modal tambahan dari lembaga penyalur kredit.

Hasanudin juga menyampaikan untuk membantu UKM agar terus berkembang, Pemerintah telah menyiapkan dana kredit yang disalurkan melalui lembaga penyalur kredit seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ada di Muara Enim saat ini.

Karena kurangnya pengetahuan para UKM bagaimana tata cara untuk mendapatkan kredit, sehingga menyebabkan dana yang telah disiapkan tersebut sering kali tidak tersalur kepada UKM yang ada.

“Dan Lembaga penyalur dana juga tak mau ambil resiko untuk menyalurkan dana tersebut tanpa prosedur yang sah, sehingga ini juga merupakan alasan mengapa dana yang ada tidak tersalurkan”, terangnya lagi.

Hasanudin juga berharap kepada pihak BPR Gerbang Serasan untuk mensosialisasikan tata cara UKM  agar mendapatkan kucuran dana, sehingga UKM dapat lebih berkembang.

(Sukri)

Most Popular

Recent Comments