oleh

Forum Masyarakat Ring Satu dan LSM Gelar Aksi Protes di Depan PT Semen Baturaja

-Daerah-233 views

FAKTA PERS – OKU.

Masyarakat Baturaja mengeluhkan kondisi pencemaran udara dan lingkungan akibat seringnya hujan debu di Oku yang disebabkan aktivitas pabrik semen milik PT Semen Baturuja.

Banyak warga terutama di area ring satu mengalami iritasi mata dan air sumur juga ikut tercemar. Padahal, air sumur banyak digunakan masyarakat untuk keperluan sehari-hari.

“Pihak PT Semen Baturaja selaku pemrakarsa kiranya ke depan dapat menyetop pembuangan debu yang mengakibatkan pencemaran udara yang sangat merugikan masarakat”, kata salah satu ketua orasi Hipzen.

Dia juga mengatakan bukan hanya masalah debu yang dipertanyakan, pengunaan dana CSR (Corporate Social Responsibility) yang belum maksimal dalam penyalurannya kiranya pihak PT.semen baturaja dapat lebih transparan demi kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Ring Satu yang terkena dampaknya secara langsung.

Hipzen melanjutkan, mengenai rekrutmen karyawan lebih mengedepankan (anak karyawan /mantan karyawan) yang selama ini dinilai sarat dengan KKN, dan didominasi oleh pekerja luar daerah maupun pekerja asing dalam pembuatan pabrik baru yang sedang berjalan.

Hai ini bertolak belakang dengan janji-janji yang selama ini untuk mengutamakan memperkerjakan penduduk lokal, terutama yang berada di area ring satu yang sesuai dengan akademiknya. “Agar kedepannya lebih transparan lagi dalam penerimaan tenaga kerja”, katanya.

Aktivitas pabrik semen tersebut tidak jarang menyebabkan keretekan bangunan rumah warga akibat ledakan dinamit dalam pengambilan bahan baku batu kapur.

“Kiranya pemrakarsa dapat mengganti rugi kerusakan bangunan yang disebabkan oleh aktivitas dalam pabrik semen tersebut”, katanya.

Penyampaian aspirasi warga diterima oleh perwakilan Direksi Oprasional PT Semen Baturaja Marsidi, Kepala Biro Umum Zulman, serta Kapolres Oku AKBP Dra NK WIidayana Sulandari yang hadir menjadi pihak penenggah antara PT Semen Baturaja dan masyarakat.

(Dani)

Komentar

News Feed