oleh

Kadinkes Serukan Masyarakat Mandailing Natal Menanam Pohon Pengusir Nyamuk Malaria

-Daerah-294 views
Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal bersama Warga Saat Penanaman Pohon Pengusir Nyamuk Malaria di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Jum’at (7/4/2017).

FAKTA PERS – JAKARTA.

Kadis Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal Drg Ismail Lubis tengah menjalankan program bebas malaria dengan menanam pohon yang tidak disukai nyamuk

“Dalam rangka eliminasi malaria atau bebas dari malaria dan proses sudah berjalan kita bersama masyarakat melaksanakan penanaman pohon yang tidak disukai nyamuk,” kata Ismail kepada Fakta Pers melalui sambungan seluler, Jum’at (7/4/2017).

Dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat dapat berperan, mulai dari Perangkat Desa hingga Kecamatan agar dapat menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat mau meminta  Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan di lingkungan tempat tinggal masing-masing, dan saat tidur harus memakai kelambu.

“Adapun tanaman yang harus ditanam di pekarangan tempat tinggal yaitu tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti Serai Wangi dan Lavender”, katanya.

Menurut Ismail, pada Tahun 2016 yang lalu Dinas Kesehatan bersama Ketua TP PKK Madina dan Muspida dalam rangka hari Malaria juga sudah melaksanakan kegiatan penanaman tersebut.

“Mudah- mudahan dengan gerakan bersama yang sudah dilaksanakan di Desa Bonan Dolok, Kecamatan Siabu seperti saat ini, saya menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Mandailing Natal agar menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk agar Mandailing Natal pada Tahun 2018 nanti terbebas dari nyamuk Malaria,” pungkasnya.

Dengan adanya kerjasama masyarakat dengan aparat pemerintah setempat, Ismail berharap Kabupaten Mandailing Natal terbebas dari nyamuk Malaria.

“Keberhasilan Kabupaten Mandailing Natal dalam bebas dari nyamuk Malaria nantinya tidak lepas dari berkat kerjasama komponen masyarat baik Desa, Kecamatan serta Kabupaten”, jelasnya.

(Abdul Mansur L)

Komentar

News Feed