Kamis, Mei 13, 2021
BerandaKapolres Lhokseumawe: Tidak Ada Diskriminasi Informasi Untuk Wartawan
Array

Kapolres Lhokseumawe: Tidak Ada Diskriminasi Informasi Untuk Wartawan

FAKTAPERS – LHOKSEUMAWE.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman menyebutkan, pihaknya tidak pernah mendiskriminalisasi dalam pemberian informasi kepada wartawan terhadap berbagai kasus yang ditangani  personil Polres Kota Lhokseumawe.

“Kita tidak pernah membeda-bedakan wartawan, semua informasi kita berikan secara terbuka, baik sifatnya langsung maupun melalui website Tribrata News Lhokseumawe, ini kita lakukan agar Mitra Polres khususnya wartawan dapat  mengakses informasi secara cepat dan akurat”, demikian ditegaskan Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman dalam acara ajang silaturrahmi antara Kapolres  Lhokseumawe dengan sejumlah  Wartawan Media Cetak, Online dan Elektronik, Selasa (25/4).

Selain dihadiri sejumlah wartawan di cara temu ramah yang diadakan di cafe Ayam Penyet Pak Ulis ini, turut hadir sejumlah Petinggi dari Jajaran Polres Lhokseumawe.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolres Lhokseumawe juga turut menyerahkan secara simbolis seragam Mitrapol kepada wartawan yang selama ini telah menjalin kerjasama dengan polisi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat terhadap berbagai kasus yang sedang dan telah diungkap oleh pihak Polres Lhokseumawe.

Menurut Kapolres, pihaknya telah membuka akses sebaik mungkin dengan sejumlah wartawan terutama dalam mempublikasi informasi yang berdasarkan dari pihak Kepolisian. “Namun ada juga berita yang belum bisa dipublikasi secara langsung, misalnya seperti kasus korupsi yang perlu penyelidikan lebih mendalam dengan memperhatikan aspek yuridis dan sosiologis sebelum kita publikasi”, Ujar Kapolres.

Kasus Korupsi itu lanjutnya, harus ada beberapa unsur yang terpenuhi, seperti unsur melawan hukum, memperkaya diri sendiri dan adanya kerugian negara. “Jadi begitu adanya penangkapan, tidak serta merta dulu kita release kasus, karena masih ada langkah lanjutan pengembangan, khususnya harus terpenuhi unsur tersebut”, terang Hendri.

Kapolres berharap, sebagai mitra polisi, wartawan tentu memiliki tujuan yang sama dengan polisi, agar terbangunnya sebuah informasi yang baik kepada masyarakat, karena itu kedua pihak harus saling memahami dan mengerti tugas dan prosedur.

“Yang perlu dipahami kinerja kita masing-masing. Kami tidak melarang wartawan untuk memberitakan suatu kasus jika itu berhubungan dengan kasus TKP, sementara kasus yang masih dalam tahap penyelidikan, ada hal-hal yang masih perlu pendalaman dan kita pending sementara untuk direalease”, ujarnya.

Selain itu, dalam membangun komunikasi dan akses informasi, pihaknya juga telah membuat groups Di Whatsapp bernama Mitrapol dan Mitrahumas sebagai saluran berbagi informasi dan konfirmasi langsung dengan Kapolres. Begitupun juga terkait saluran pemberitaan pihaknya telah memiliki website Tribatanews Lhokseumawe yang bisa diakses kapanpun oleh publik.

(Mukhlis)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments